Transjakarta Operasikan Bus Volvo B11R-370 6x2

Volvo B11R merupakan salah satu tipe chasis premium di antara line up armada Transjakarta saat ini seperti Scania K310IB dan chasis Mercedes-Benz OH 1626  dan OC 500 RF.yang lebih dulu digunakan.
 

PT Transjakarta menambah lagi pilihan merk bus untuk armada layanan transportasi massal busway-nya dengan mengoperasikan bus Volvo B11R. Sejumlah bus Volvo B11R dengan livery Transjakarta ini sudah berada di pool Steady Safe, salah satu perusahaan mitra PT Transjakarta, di kawasan Cakung, Jakarta Utara.

Armada terbaru Transjakarta berchassis Volvo B11R ini dirakit oleh Karoseri Laksana, Ungaran, Jawa Tengah, dengan model City Line 2. Emblem khas Volvo tersemat di bagian depan bus.

Di bagian baca samping bus tersemat stiker transparan bertuliskan 'Volvo, Driving Quality of Life."  Belum diperoleh informasi, armada bus Volvo ini akan melayani trayek/koridor mana saja. 

Volvo B11R merupakan salah satu tipe chasis premium di antara line up armada Transjakarta saat ini seperti Scania K310IB dan chasis Mercedes-Benz OH 1626  dan OC 500 RF.yang saat ini sudah lebih dulu dioperasikan melayani sejumlah koridor di DKI Jakarta.

Menurut keterangan Direktur Utama Transjakarta Budi Kaliwono sebelumnya, bus Volvo B11R 370 6x2 yang dioperasikan akan berjumlah 128 unit yang secara bertahap dioperasikan oleh operator PT Steady Safe untuk Transjakarta di ibukota dengan kontrak kerjasama selama 10 tahun.

Bus Volvo B11R-370 6×2 ini menyandang mesin diesel type D11A berkapasitas 10,8 liter 6 silinder dengan turbocharger dan aftercooler. Tenaga maksimum yang dihasilkan mesin ini mencapai 370 horse power dengan torsi maksimum 1.770 Nm. Keunggulan chasis Volvo B11R-370 6x2 antara lain sudah menggunakan transmisi otomatis, dengan pembatas percepatan laju bus atau accelerator limiter. Kaki-kaki bus ini menggunakan suspensi udara (air suspension) pada semua roda sehingga memaksimalkan kenyamanan penumpang selama di perjalanan. Untuk fitur pengereman, semua roda bus menggunakan disc brake. 

Untuk kegiatan perawatan rutin bus-bus ini, Steady Safe bekerja sama dengan PT Indotruck Utama, anak usaha Indomobil Group yang menjadi importir dan distributor untuk Volvo Bus.