Tutup Tahun, Hino Siapkan Varian Baru Bus RN 285 Automatic

Dengan segera hadirnya bus Hino RN 285 transmisi otomatik ini, maka Hino RN 285 akan tersedia dalam dua pilihan transmisi.
 

Menutup tahun 2017 ini, PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) akan memperkenalkan varian anyar bus RN 285 versi transmisi otomatik. Bus ini dijadwalkan akan diperkenalkan ke media beberapa hari ke depan oleh manajemen PT HMSI. Dengan segera hadirnya bus Hino RN 285 transmisi otomatis ini, maka Hino RN 285 akan tersedia dalam dua pilihan transmisi.

Yakni, transmisi manual dan otomatik. Versi transmisi manual sudah meluncur ke pasar lebih dulu beberapa tahun lalu dan mulai banyak digunakan oleh sejumlah perusahaan otobus (PO) di Indonesia. Di antaranya, PO Harapan Jaya.

Selama ini, pengusaha bus yang menginginkan bus bertransmisi otomatis harus melakukan switching (ubahan) transmisi di busnya dengan melepas blok transmisi manual dan menggantinya dengan transmisi otomatik. Perusahaan vendor transmisi seperti ZF dan Allison Transmission sejak lama menawarkan switching transmisi dari manual ke otomatik ini kepada pengusaha angkutan di Indonesia. 

Bus Hino RN 285 PO Harapan Jaya

Akan halnya bus Hino RN 285, ini merupakan tipe bus besar dengan panjang chassis 11,67 meter. Bus ini dipasarkan Hino di Indonesia untuk membidik sektor bisnis transportasi antarkota dan angkutan bus wisata.

Spesifikasi Hino RN 285 versi transmisi manual memiliki wheelbase 6.000 milimeter, lebar 2450 mm, julur depan 2.380 mm dan julur belakang 3.290 mm. Bus ini menyandang mesin diesel J08E-VT 4 langkah segaris, enam silinder,  common-rail injection, turbocharged dan intercooler dengan tenaga maksimum 285 PS/2.500 rpm dan momen puntir 892 Nm/1.500 rpm.