Ultah Ke-59, PO Kalisari Ajak Nostalgia Ke Unit Lawas

Ultah Ke-59, PO Kalisari Ajak Nostalgia Ke Unit Lawas
Usia PO Kalisari tahun ini menginjak 59 tahun sejak awal berdiri tahun 1961.
 

Saat ini PO Kalisari memang dikenal dengan bus pariwisata dan antarkota jurusan Surabaya-Malang. Namun kiprahnya ternyata sudah lama, yakni sejak dekade 60-an.

Usia PO Kalisari tahun ini menginjak 59 tahun sejak awal berdiri 1 September 1961, lewat akun Instagramnya perusahaan asal Surabaya, Jawa Timur tersebut mengajak bernostalgia dengan armada baru dan lawasnya.

Seperti bisa dilihat pada foto di atas. Tak disangka jika bukan bus-bus yang kita kenal saat ini seperti Hino atau Mercedes-Benz yang pertama mereka pakai.

Karena kendaraan pertama yang dipakai PO Kalisari adalah bus Thames Trader 40 Series. Bus ini merupakan produk Ford Motor Inggris di pabrik Dagenham.

Tampilannya unik karena memiliki bonnet alias moncong di depan. Bentuk jendela penumpangnya masih kecil dengan bukaan model geser. Jangan berharap ada fitur AC di bus tahun 60-an lho.

 

Dari sisi livery, pada era ini, bus masih bercorak simpel dua warna, mayoritas merah dan putih. Serta adanya tulisan Kalisari besar di lambung bus.

Coba disandingkan dengan bus tahun 2020, tentu secara dimensi dan kenyamanan jauh berbeda. Pun demikian dengan livery bus yang makin apik dengan grafis minimalis. Satu ciri yang tak hilang, yakni tulisan Kalisari di sisi bus.