Jagoan Pikap Kuartal I 2023: Suzuki Carry

Jagoan Pikap Kuartal I 2023: Suzuki Carry
Pemain lawas masih digdaya
 

Pergulatan pasar kendaraan komersial yang sengit tidak bisa ditepis. Sebagai moda transportasi utama untuk distribusi barang, kendaraan komersial punya pasar yang spesial. Kepemilikannya benar-benar berdasarakan azas utilitas dimana spesifikasi menjadi faktor penentu bagi konsumen dalam memilih.

Khusus untuk segmen dengan tonase di bawah 5 ton termasuk segmen yang terus panas. Meskipun pemainnya tidak banyak berubah dari tahun ke tahun namun penjualan antar merek di segmen ini tetap ketat.

Nama-nama yang muncul di segmen ini seperti Suzuki Carry, Mitsubishi L300, Tata Xenon, Toyota Hilux, DFSK Intra, Isuzu Traga, sampai Wuling Fomo.

Barisan nama tersebut selama kuartal pertama tahun 2023 secara total terjual sebanyak 44.053 unit. Dan nama Suzuki Carry sebagai pengisi ‘juara’ di segmen ini selama bulan Januari-April 2023. Terjual sebanyak 12.427 unit untuk varian “Flat Deck”, bisa disebut sebagai varian yang paling sering ditemui di jalanan.

Disusul Daihatsu Gran Max dengan kode Pick up 1.5 Std AC PS yang terjual sebanyak 10.227 unit.    

Penjualan terbanyak ketiga bisa disematkan pada Sang Legenda, Mitsubishi L300 untuk varian bobot 2.450 kilogram. Catatan penjualannya selama paruh pertama tahun ini adalah 4.788 unit.

Daihatsu Gran Max juga masih mencatatkan penjualan varian bermesin 1.300 cc sebagai produk yang banyak diminati, angka lakunya 4.360 unit.

Baca juga : Suzuki Carry dan Daihatsu Gran Max, Kejar Kejaran di Masa Pandemi

Isuzu lewat kode produk PHR 54 C BB alias Traga mencatatkan penjualan sebanyak 3.999 unit.

DFSK lewat kode produk DXK 1021 TYQ1 alias Supercab yang bermesin 1.500 cc bisa terpilih konsumen sebanyak 424 unit.

Sementara itu Toyota lewat Hilux secara total bisa terjual sebanyak 792 unit.

Baca juga : Perjalanan Suzuki Carry Di Indonesia, Awalnya Dari Cengkeh Manado

Toyota Hilux masih punya konsumen setia