Toyota IMV-0 Segera Masuk Produksi Pakai Nama Hilux Champ?

Toyota IMV-0 Segera Masuk Produksi Pakai Nama Hilux Champ?
Jadi line-up Hilux termurah
 

Menyusul penampilan di Japan Mobility Show 2023, teka-teki perihal versi produksi Toyota IMV-0 jadi begitu diburu. Rumor terakhir menyebut jika pikap serba-guna ini bisa menjadi model Hilux paling terjangkau di line-up Toyota. IMV-0 kemungkinan akan diberi label Toyota Hilux Champ dan diharapkan mengaspal di pasar ASEAN pada tahun 2025.

Seperti dilansir Autocar India, Toyota Hilux Champ akan menjadi model produksi pertama yang berbasis IMV-0. Mobil ini siap menjadi persembahan khusus dari Toyota Hilux generasi selanjutnya, dengan karakter dan kelengkapan standar sehingga memungkinkannya untuk diproduksi. Termasuk untuk dipasarkan dengan kisaran harga yang lebih murah dibanding Hilux biasa. 

Ada beberapa alasan yang memperkuat spekulasi ini. Pertama, dengan memperluas jajaran Hilux dengan model yang lebih terjangkau, Toyota berharap bisa memperoleh pangsa pasar yang lebih besar di segmen pikap dan kendaraan komersial ringan di pasar negara berkembang. Terlihat jelas dari hadirnya Rangga Concept di Indonesia yang menunjukkan bahwa model ini bakal terlihat mirip dengan konsepnya. 

Toyota IMV-0 sebagai model prototipe datang dengan desain kabin tunggal yang dipadukan bak terbuka dengan alas datar dan pelek kaleng berdiameter kecil. Versi sederhana serupa dari konsep IMV-0 dan Rangga Concept ditampilkan dalam rendering resmi oleh Toyota. Fascia tetap berbentuk kotak dengan referensi gaya ala Land Cruiser baru, meski dikombo trim plastik yang tidak dicat plus lampu depan halogen sebagia varian basic.

Info terkini, tanggal 27 November Hilux Champ akan rilis perdana di Thailand (Momot)

Karakter modular IMV-0 memungkinkannya kompatibel dengan berbagai jenis bentuk bodi menyesuaikan kebutuhan konsumen. Platform ini melahirkan versi sasis pikap, IMV-0 overlander, camper, ambulans, food truck, bahkan siap jadi pace car.

Pilihan Mesin Hybrid dan Diesel

Toyota tidak merinci spesifikasi truk tersebut, namun penggunaan sasis tangga baru yang kemungkinan merupakan evolusi dari yang digunakan saat ini oleh pikap Hilux dan Fortuner. Pabrikan Jepang tersebut masih enggan memberi rincian tentang jajaran mesin namun proyeksi bakar diprediksi bakal tetap tersedia di balik kap mesinnya.

Terlepas dari rumor sebelumnya tentang kemungkinan versi EV, Hilux Champ diperkirakan akan ditawarkan dalam pilihan mesin bensin hybrid dan diesel, berpenggerak belakang (RWD), dan kemungkin ada opsi 4WD.

Informasi ini memang berlaku untuk pasar ASEAN, karena pilihan mesin, ketersediaan model bodi, dan bahkan nama truk mungkin berbeda di negara lain. Selain pikap, Toyota juga dikabarkan sedang mengerjakan versi SUV dengan basis yang sama dari Hilux Champ. Produk ini diperkirakan akan hadir di pasar negara berkembang satu tahun setelah peluncurannya. Belum jelas apakah SUV tersebut akan menggunakan desain front-end yang sama, untuk membantu mengurangi biaya R&D. Kita tunggu saja perkembangannya!

Baca juga: Tampilan Toyota Rangga ‘Versi’ Jepang

Baca juga: Toyota Bikin Prototipe Hilux Berjantung Fuel Cell