Fuso Sukses Ujicoba Truk Peleton di Jalan Tol di Jepang

Uji coba ini digelar MFTBC di rute antara Hamamatsu Service Area (SA) dan Enshu-mirmachi Parkir Area (PA) mulai 23 Januari 2018.
 

Mitsubishi Fuso Truck and Bus Corporation (MFTBC) bersama Daimler Trucks Asia menggelar uji coba truk peleton, yakni konsep tranportasi angkutan barang menggunakan beberapa truk sekaligus yang berjalan beriringan di jalan raya. 

Uji coba ini digelar MFTBC di rute antara Hamamatsu Service Area (SA) dan Enshu-mirmachi Parkir Area (PA) mulai 23 Januari 2018.

Ujicoba ini merupakan bagian dari 'Strategi Masa Depan 2017 yang dibuat oleh Pemerintah Jepang yang merupakan inovasi untuk memaksimalkan manfaat dari penggunaan Internet of Things (IoT), teknologi kecerdasan buatan (AI) dan robotik, big data dan menerapkannya ke semua sektor industri.

Di sektor komersial, strategi ini diterapkan di sektor transportasi berupa truk peleton di jalan tol. Dengan menerapkan konsep truk peleton, truk bisa dijalankan dengan lebih menghemat penggunaan bahan bakar karena hambatan angin saat truk melaju bagi truk kedua, ketiga dan seterusnya menjadi jauh lebih rendah. Selain itu juga membantu menurunkan emisi gas buang kendaraan.

Ujicoba truck platooning atau truk peleton oleh Daimler di jalan raya.

Uji coba truk peleton ini tidak hanya melibatkan MFTBC saja tapi juga beberapa produsen truk lainnya di Jepang yang diselenggarakan oleh Kementerian Tanah, Infrastruktur, Transportasi dan Pariwisata (MLIT) Jepang. 

Ujicoba ini memanfaatkan teknologi Cooperative Adaptive Cruise Control atau CACC. Dengan teknologi CACC ini kecepatan laju truk bisa dikontrol saat sedang menambah kecepatan atau menurunkan kecepatan.

Dengan demikian truk tidak sampai menabrak truk di depannya. Antar-awak truk bisa saling berkomunikasi dan masing-masing awak truk bisa memonitor langsung melalui layar display di dasbor.

Ujicoba truk peleton ini digelar selama dua tahapan. Tahap pertama pada 23 dan 25 Januari 2018 di ruas Jalan Tol Shin Tomei Expressway, dan tahap kedua di Kita Kanto Expressway antara tanggal 30 Januari sampai 1 Februari 2018.
Untuk ujicoba ini, MFTBC menggunakan truk heavy duty new Fuso Super Great yang produk truknya resmi diluncurkan ke pasar bulan Mei 2017.