Isuzu Pamerkan Truk Damkar Paling Modern di Ajang AFAC 2017

‘The Weapon’ merupakan truk pemadam kebakaran yang dirancang dari Isuzu Giga FVZ 1400 6x4 model tahun 2015 yang dilengkapi dengan airbag
 

Di ajang pertemuan para pelaku industri dan praktisi pemadam kebakaran The Australasian Fire and Emergency Services Authority Council (AFAC) yang digelar di Kota Sydney, (4-7/9) kemarin, Isuzu memamerkan satu unit truk terbaru untuk kebutuhan pemadam kebakaran.

Truk yang dipamerkan di ajang AFAC yang berlangsung di International Convention Centre Sydney di Darling Harbour, ini adalah armada truk pemadam kebakaran yang diberi nama 'The Weapon’. Di ajang ini Isuzu juga memameran satu tipe mesin yang diberi nama Isuzu off-highway engine powered Compressed Air Foam (CAF) system.

‘The Weapon’ merupakan truk pemadam kebakaran yang dirancang dari Isuzu Giga FVZ 1400 6x4 model tahun 2015 yang dilengkapi dengan airbag untuk pengemudi dan penumpang, seatbelt pre-tensioner, kabin yang telah memenuhi standar ECE-R29, serta sistem pengereman Anti-Lock Braking System (ABS), cross locks, lampu lampu cornering dan kursi driver ISRI 6860 yang dilengkapi dengan seatbelt terintergrasi.

Kaki-kaki truk ini menggunakan tipe coil spring cab suspension. Yang tak kalah penting adalah teknologi pemadaman api termodern dari CAF system yang menjadi senjata andalannya. CAF dikembangkan oleh Isuzu Engines dan RFS.

Isuzu Engines’ Manager Industrial and Marine Engines, Dean Whitford, menjelaskan, CAF mampu bekerja memompa dan menyemprotkan campuran busa (foam) dan air dari satu tangki yang lalu disalurkan melalui cannon sebagai lubang tembak ke arah api yang ditempatkan di bagian depan truk. Kemampuan tembaknya mencapai 200 HP

Di ajang AFAC 2017, Isuzu juga memamerkan mesin Isuzu 4HKI yang dirancang untuk tugas-tugas di medan offroad seperti untuk truk damkar dan truk-truk rescue. Mesin ini diklaim sangat handal dengan tenaganya yang mumpuni.