Mencicipi Ketangguhan Hyundai Xcient dan Hyundai Mighty

Mengangkut beban hingga overload, bagaimana performa kedua truk asal Korea Selatan ini?
 

PT Hyundai Oto Komersial Indonesia (HOKI) selaku APM Hyundai Truck & Bus Indonesia memberi kesempatan Bus-Truck.id dan beberapa awak media nasional untuk mencoba langsung Heavy Duty Dump Truck, Hyundai Xcient dan Light Duty Cargo Truck All New Hyundai Mighty.

Pada Media Test Drive ini berlokasi di proyek perumahan Citra Indah Cileungsi, Jawa Barat (22/11) ini, Hyundai Xcient Dump Truck kami tes mengangkut tanah sebanyak 10 ton. Sedangkan Hyundai Mighty Cargo dengan mengangkut semen 20 sak dengan berat sekitar 8 ton.

Sedikit berbeda antara unit tes dengan unit yang dijual nanti. Karena pada bagian sasis, transmisi, gardan, dan kopel sudah mengalami reinforcement.

“Unit tes standar saja sudah mampu membawa beban dengan baik, tentu yang reinforcement akan jauh lebih baik dan siap menghadapi overload,” ujar Ari Tristianto Wibowo, Marketing Manager PT HOKI.

Hyundai Xcient Dump Truck ditenagai oleh mesin diesel berkapasitas 13.000 cc, 6 silinder segaris yang mampu melontarkan tenaga 410 dk dengan torsi 1.843 Nm, bertransmisi manual 8 percepatan serta memiliki konfigurasi penggerak 6x4.

Sementara Hyundai Mighty memiliki mesin diesel berkapasitas 3.900 cc, 4 silinder yang mampu menghasilkan tenaga 130 dk dan torsi 372 Nm, bertransmisi manual 5 percepatan serta berpenggerak roda belakang.

Setelah menguji kemampuan kedua truk ini, ternyata sensasinya cukup menyenangkan. Pasalnya, kedua model tersebut dianugerahi mesin berperforma baik.

Bahkan ketika truk diisi muatan yang melebihi batas bobot kendaraan, kedua model ini tak mengalami kendala sama sekali.

Terlebih lagi hadirnya fitur-fitur unggulan pada truk asal Negeri Ginseng ini. Di antaranya fitur Tilt dan Telescopic Steering Wheel serta Cruise Control yang dapat bekerja sejak kecepatan 45 km/jam.