Mengenal UD Trucks Quon, Truk Heavy Duty yang Pernah Dipasarkan di Indonesia 

Sejatinya, Quon adalah truk tangguh dengan teknologi yang lebih hebat ketimbang truk Quester. Misalnya, untuk axle belakangnya, Quon tersedia varian axle dengan air suspension.
 

Sebelum resmi memasarkan truk Quester di Indonesia sejak 2017 lalu, UD Trucks pernah merilis truk Quon, di pasar Indonesia. Penjualan truk ini kemudian tidak diteruskan karena berbagai pertimbangan, salah satunya karena kekurangsesuaian dengan karakter konsumen lokal di Indonesia.

Winarto Martono, Chief Operating Officer Astra UD Trucks menyatakan, untuk pasar Indonesia, pihaknya saat ini tidak memasarkan truk Quon. Namun memasarkan truk Quester dengan pilihan mesin dengan tenaga maksimum mulai dari 250 HP dan mulai tahun ini pihaknya memasarkan truk ringan Kuzer bertenaga 150 HP.

Sejatinya, Quon adalah truk tangguh dengan teknologi yang lebih hebat ketimbang truk Quester. Misalnya, untuk axle belakangnya, Quon tersedia varian axle dengan air suspension. Fitur atau opsi ini tidak dimiliki oleh truk Quester. Di Indonesia, truk dengan air suspension kurang cocok karena memang tipikal pemilik truk di Indonesia memaksakan trknya membawa muatan serba berlebih.

Karenanya, Quon kini hanya dipasarkan di negara tertentu saja yang infrastruktur jalannya lebih bagus ketimbang Indonesia. Misalnya Australia. Thailand dan di Jepang. UD Trucks saat ini mengoperasikan satu pabrik di kota Ageo, di Jepang, khusus untuk memproduksi beragam tipe dan varian truk Quon yang produknya dipasarkan di Jepang serta ke sejumlah negara.

Di Jepang, Quon dipasarkan dalam beragam aplikasi. Mulai dari dump truck, mixer, tractor head sampai kargo. Untuk aplikasi dump truck atau mixer, Quon untuk pasar Jepang tersedia dalam varian P12 dan P18. PIlihan mesinnya tersedia dalam tiga versi. Yakni, GH11TA bertenaga 360 PS, GH11TB bertenaga 390 PS dan GH11TC bertenaga 420 PS dengan transmisi Escot VI.

Untuk varian dump truck, Quon tersedia dalam tipe CD 6x2 20 ton dan 22 ton, serta tipe CW 6x4 20 ton dan 22 ton. Sementara, untuk varian truk mixer, tersedia varian CD 6x2 20 ton dan CW 6x4  20 ton dan 22 ton. Semua varian Quon didukung dengan beragam fitur keamanan dan keselamatan dan kabin yang didesain aman serta lampu depan LED. 

Untuk tipe truk kargo, UD Trucks menawarkan lebih banyak lagi variannya. Mulai dari CD 6x2, dengan pilihan 20 ton sampai 25 ton, CG 8x4 dengan pilihan 21 ton sampai 25 ton, serta CW 6x4 dengan pilihan 22 ton dan 25 ton. Ada juga varian CX 6x4, CD 6x2, serta CG 8x4. Di pasar domestik Jepang, Quon tipe kargo biasanya dipasangkan dengan kargo box model wingbox atau bak terbuka terbuat dari material aluminium yang tahan karat.

Sementara untuk pasar Indonesia kembali ditekankan oleh  Winarto Martono, bahwa Quester yang dirancang untuk pasar Indonesia. Astra UD Trucks memasarkan truk-truk Quester dalam beberapa varian, antara lain untuk angkutan kargo jalan raya dan sektor konstruksi.