Truk Heavy Duty Scania Ini Sanggup Angkut Kayu Log Hingga 12 Meter Panjangnya

Trailer di bagian belakang terdiri dari 3 axle dengan kemudi tipe self-steering yang saat dioperasikan dapat bekerja menyesuaikan diri saat membelok dan bermanuver.
 

Beberapa pabrikan truk Eropa sanggup memproduksi truk heavy duty dengan spesifikasi khusus untuk keperluan khusus pula di dunia industri. Satu diantaranya adalah Scania. Pabrikan truk asal Swedia yang juga anak perusahaan Volkswagen Group ini memiliki varian truk heavy duty yang dirancang untuk mengangkut muatan berat dan panjang. Scania R 650 ini contohnya. Truk jenis tractor head ini dilengkapi dengan trailer yang bisa dioperasikan bersamaan dalam satu rangkaian dan sangup membawa kayu log ekstra berat dengan panjang hingga 12 meter.

Trailer di bagian belakang terdiri dari 3 axle dengan kemudi tipe self-steering yang saat dioperasikan dapat bekerja menyesuaikan diri saat membelok dan bermanuver, mengikuti arah roda tractor head di bagian depan. Dengan kemampuannya ini Scania R 650 mampu dioperasikan di medan sulit dan berkelok.

Scania R 650 V8 dengan trailer

Tractor head Scania R 650 dengan self-steering trailer palforet ini dibekali mesin V8 bertenaga 650 horse power dengan torque rating 3.300 Nm, sama seperti seri truk heavy duty Scania lainnya yakni, 520 and 580 ratings.

Scania R 650 juga hanya menggunakan teknologi pembersihan exhaust SCR seperti pada seri truk Scania bermesin diesel 13 liter untuk mendapatkan standar emisi gas buang yang lebih bersih dan ramah lingkungan.

Scania banyak melakukan pembaruan pada seri truk R 650 ini. Diantaranya menyangkut aspek  thermal management, turbo dan teknologi combustion serta injeksi. Scania R 650 sudah memenuhi standar Euro 6 dan konsumsi bahan bakar yang diklaim lebih efisien.