Bukan Truk Eropa, Ternyata Ini Sosok Pengangkut Pesawat N250 Gatotkaca

Bukan Truk Eropa, Ternyata Ini Sosok Pengangkut Pesawat N250 Gatotkaca
Untuk menuju Jogja dari hanggar PT Dirgantara Indonesia di Bandung, N250 Gatotkaca bukan dengan cara diterbangkan. Melainkan diangkut menggunakan truk trailer dengan perjalanan jalur darat via tol.
 

Pesawat pertama buatan bangsa Indonesia, N250 Gatotkaca yang dikenalkan pada 1995 akhirnya purna tugas di bulan Agustus 2020 ini. Sebagai saksi sejarah, pesawat ini dimuseumkan di Museum Pusat Dirgantara Mandala (Muspusdirla) Yogyakarta.

Namun untuk menuju Jogja dari hanggar PT Dirgantara Indonesia di Bandung, N250 Gatotkaca bukan dengan cara diterbangkan. Melainkan diangkut menggunakan truk trailer dengan perjalanan jalur darat via tol Trans Jawa.

Foto: FB Gideon Putra Yudha

Seperti diunggah akun Facebook Gideon Putera Yudha yang menampilkan foto Profia yang tengah 'berjuang' melewati gerbang tol Banyumanik di Semarang pada Kamis (20/8) malam saat menuju Jogja. Truk  terlihat berjalan zig-zag agar bodi pesawat rancangan BJ Habibie tersebut tak menyenggol gerbang tol.

Yang menarik, truk tractor head pengangkut badan pesawat ini bukanlah keluaran Eropa seperti Scania atau MAN yang dikenal dengan tenaganya yang besar. Tetapi truk heavy duty yang dipakai adalah Hino Profia 700.

Tentu Profia 700 yang digunakan sudah sesuai dengan spesifikasi pengangkut heavy duty, yakni tipe SS1E TH. Truk berpenggerak 6x4 ini dirancang untuk mengangkut trailer tangki panjang, kontainer 40 feet, angkutan kendaraan dan low bed.

Profia 700 SS1E TH dibekali mesin 12.913 cc diesel E13C-VT dengan tenaga 480 PS dan torsi melimpah, hingga 2.157 Nm. Transmisinya mencapai 18-percepatan dari Eaton. Dengan spek tersebut, Profia 700 SS1E TH sudah setara truk-truk heavy duty Eropa.