Ini Karakteristik Mesin Quester CWE280 64R

Ini Karakteristik Mesin Quester CWE280 64R
Didukung mesin GH8E
 

United Tractors (UT) sebagai distributor alat berat dan beberapa merek truk kenamaan dunia sukses unjuk gigi di gelaran Mining Indonesia 2023 beberapa waktu lalu. Mengusung tema "Sustainability”, United Tractors menghadirkan sederet produk dengan teknologi dan inovasi terkini untuk menunjang bisnis para Mitra Usaha salah satunya menampilkan UD Quester CWE280 64R.

"Untuk barang modal seperti halnya alat berat dan truk umumnya tidak terjadi transaksi jual beli dalam pameran. Event ni merupakan wadah kami untuk menampilkan produk-produk baru serta kelebihannya. Tahun ini kami mengusung tema “Sustainability” yang tercermin dari desain dan material booth yang dominan dari bahan daur ulang, didukung produk andalan kami yang lebih ramah lingkungan, khususnya truk yang sudah didukung engine beremisi Euro 5," kata  Andreas, selaku Truck, Bus and Crane Marketing Division United Tractors yang menghandle produk dari Scania, UD Trucks dan Tadano kepada bus-trucks.id (18/9).

Spesifikasi Quester CWE280 64R dengan Hub Reduction TV24 terlihat kokoh karena hanya diperuntukan bagi sektor pertambangan atau “off road” untuk mengangkut batubara. Jadi dengan dimensinya yang gambot, varian ini bukanlah tipe on-road. Dengan fungsi vessel khusus untuk mengangkut, memindahkan, dan menurunkan batu bara. "Kami tidak menjual produk ini untuk sektor on-road karena spesifikasi unit ini  memang didesain khusus untuk sektor pertambangan dimana komponennya dibuat lebih “heavy duty” dibandingkan model lain dan juga sejalan dengan regulasi pemerintah terkait ODOL dump vessel TV24 tidak diperkenankan beroperasi di jalan raya karena dimensi yang melebihi aturan yang berlaku," papar Andreas. 

CWE280 64R ditopang wheelbase sepanjang 4.300 mm dengan konfigurasi roda 6X4 yang diklaim tangguh dan cocok untuk dipasangkan tipper. Adapun jantung pacunya mengusung unit GH8E Common Rail Diesel berkapasitas 7.700cc 6 silider DOHC yang mampu menyemburkan tenaga 280 daya kuda dan torsi sebesar 1.050 Nm cocok untuk terjun di medan tambang. 

Ouester Dump CWE28064R saat mejeng di Mining Indonesia 2023 (Momot)

"UD Trucks CWE280 64R merupakan truk yang dilengkapi dengan hub reduction untuk meningkatkan traksi serta sudah menggunakan ban off road sehingga sangat cocok untuk sektor pertambangan. Untuk dump vessel (bak) yang digunakan sebagai standar adalah dump vessel “Patria” dengan kapasitas 24m3, yang merupakan anak perusahaan UT, yang sudah sangat berpengalaman dalam membuat produk heavy duty untuk sektor pertambangan" urai Andreas.

Mesin berstandar emisi Euro 5 ini dirancang mampu mengolah bahan bakar secara efisien dan diklaim punya umur pengoperasian (uptime) lebih optimal. Karakteristik ini tentu berbeda dengan saudaranya semisal seri Quester CDE model 6x2 rigid yang meski bermesin sama semburan tenaganya hanya 250 daya kuda dengan torsi 950 Nm sehingga lebih pas turun di bisnis kargo, pengangutan minyak bumi dan bahan-bahan kimia.  

Tidak sekadar tahan banting untuk medan tambang, CWE28064R juga menjamin para pengemudi agar terlindungi dengan sederet fitur keamanan dan keselamatan. Sebut saja kabin yang telah melalui serangkaian uji tabrakan, hadirnya heavy duty engine oil pan protector, hingga kaca spion blind-spot untuk keamanan pengemudi dan truk.

Ditambah dengan kenyamanan yang tersaji dari layout interior ergonomis, pengaturan setir, AC, insulasi suara dari luar, jok pengemudi bersuspensi, bunk bed selebar 600 mm, dan sistem audio MP3. Sayangnya bagi yang berminat, Andreas enggan untuk blak-blakan karena pertimbangan komersial. Namun dari berbagai sumber didapati data setidaknya Anda harus menyiapkan dana lebih kurang Rp 600 juta untuk menebus truk ini dan itu belum termasuk dengan dump vessel buatan Patria.

Baca juga : Inilah Pilihan Hemat Truk Tangki BBM FAW FB240CB

Baca juga : Siapa Motor Sights International Yang Bawa Truk Tiongkok Berlabel Shacman?