Storyteller Overland, Andalkan Ford Transit Menjadi Motorhome

Storyteller Overland, Andalkan Ford Transit Menjadi Motorhome
Terbiasa membuat motorhome dengan Mercedes-Benz Sprinter, kali ini Ford Transit menjadi pilihan.
 

Storyteller Overland, sebuah perusahaan pembuat motorhome dari Alabama, Amerika Serikat, kerap membuat mobil untuk berpetualang dengan mengandalkan Mercedes-Benz Sprinter 4x4. Namun, kali ini Ford Transit menjadi bahan untuk motorhome untuk yang pertama kalinya. Pihak Storyteller sempat berpikir, kalau menggunakan van ini, akan ada keterbatasan penggunaan, karena hanya berpenggerak roda belakang.

Akhirnya, dengan menggaet Ford Transit 2019 dengan opsi yang menggunakan sistem penggerak AWD (All-wheel Drive), keinginan bereksplorasi penggunanya pun menjadi lebih tersalurkan, karena bisa digunakan di berbagai kondisi jalan.

Beberapa aksesori yang melekat pada van Sprinter yang pernah dibuatnya. Namun, secara visual, kemping Transit Mode LT lebih kecil dari motorhome berlambang Bintang Berkaki Tiga itu. Namun, mirip dengan di Mercedes, Transit juga dilengkapi roof rack yang kokoh dengan deflektor angin, tangga tubular di sisi mobil dan pelek Storyteller Transition yang dibungkus ban 245/65R16.

 

Perjalanan jauh akan semakin lengkap dengan adanya panel surya 90W, yang dapat diperluas hingga 600W. Ada empat outlet 110V yang tersedia di luar juga inlet listrik heavy duty. Ford Transit ini juga dilengkapi dengan tangki air di dalam kabin berkapasitas 80 liter, bersama dengan tangki air lainnya yang berkapasitas 90 liter dengan pemanas.

 

 

Sayangnya, seperti dilansir Motor1, Storyteller Overland belum mengeluarkan gambar interiornya. Namun, kurang lebih, seperti yang juga diaplikasi pada Sprinter, motorhome ini sudah termasuk tempat tidur Dreamweaver yang bisa dikonversi jadi meja kerja, kursi depan yang dapat diputar, tempat tidur sofa yang bisa dikonversi menjadi dua kursi Groovelounge, sistem pemanas berbahan bakar bensin, isolasi berbahan wol, enam outlet 100V, enam port USB, tiga outlet 12V.

Lebih penting lagi, Storyteller Overland Transit Mode LT iniadalah yang paling terjangkau dari jajaran harga USD153.748 (Rp 2,2 M). Sebagai perbandingan, Mode Klasik berbasis Sprinter saat ini dihargai USD 157.747 (Rp 2,3M), dengan Mode Stealth dan Beast bahkan lebih mahal.

Storyteller Overland akan menambahkan pembaruan untuk model tahun 2022 di seluruh jajaran mode camper dan diluncurkan pada 24 September 2021.