Arus Puncak Mudik 2024 Dengan Bus ‘Sudah Terlampaui’

Arus Puncak Mudik 2024 Dengan Bus ‘Sudah Terlampaui’
Tanggal 3-6 April adalah waktu puncaknya
 

Secara umum puncak bergulirnya arus mudik dari wilayah Jabodetabek berlangsung pada tanggal 3-6 April 2024. Ribuan bus yang mengangkut peserta program mudik gratis maupun penumpang reguler lewat berbagai terminal silih berganti menuju arah timur maupun barat area Jabodetabek.

Salah satunya yang terlihat di di Terminal Bus Tanjung Priok, Jakarta Utara. "Prediksi kami memang puncak mudik terjadi hari ini dan besok pada Sabtu (6/4) karena itu waktu yang pas untuk pulang ke kampung halaman," kata staf Dinas Perhubungan Terminal Bus Tanjung Priok, Said M (5/4).

Ia mengatakan pada hari itu sudah ada 53 bus yang berangkat dari Terminal Tanjung Priok dengan 678 penumpang. Sementara untuk bus yang datang ada sebanyak 62 unit dengan membawa 285 penumpang. Menurutnya, bus dari Terminal Tanjung Priok ini memiliki sejumlah rute ada rute pendek, ada rute sedang dan rute panjang.

Untuk rute pendek, katanya ada ke Banten dan rute sedang ke Jawa Barat dan untuk rute jauh ke Jawa Timur bahkan ke Pulau Sumatera. Tak lupa disebutkan bahwa sejumlah bus yang datang akan diperiksa kondisi sebelum berangkat dan sejauh ini semua laik jalan.

"Kami juga memeriksa kesehatan sopir yang akan membawa penumpang dan ini bertujuan untuk keselamatan dalam perjalanan," kata Said, seperti dikutip dari Antara.

Ribuan penumpang tercatat berangkat dari Terminal Bus Tanjung Priok Jakarta Utara sejak Rabu 3 April hingga Jumat 5 April 2024. "Total jumlah penumpang yang berangkat tercatat 2.451 penumpang hingga Jumat (5/4), kata Said lebih lanjut.

 Bus paling banyak berangkat terjadi pada Kamis (4/4) sebanyak 83 bus dengan 848 penumpang.Sementara pada Rabu (3/4) ada 76 bus yang berangkat dengan membawa 716 penumpang. Sementara pada Jumat (5/4) ada 678 penumpang yang berangkat dengan 53 bus dari Terminal Tanjung Priok ini.

Kemudian untuk penumpang yang datang pada Rabu (3/4) sebanyak 444 penumpang dengan 89 bus dan Kamis (4/4) sebanyak 520 dan 98 unit bus.

Baca juga: Kemenhub: Ketahuan Masih Pasang Klakson Telolet, Bongkar Saat Itu Juga

Baca juga: H-5 Lebaran Tol TransJawa Mulai Dipenuhi Bus Dari Arah Jabodetabek