Daihatsu Bakal Pamer 2 Mobil Niaga Listrik di Japan Mobility Show 2023

Daihatsu Bakal Pamer 2 Mobil Niaga Listrik di Japan Mobility Show 2023
Berdimensi sama hanya beda peruntukan
 

Otoritas Jepang resmi mengubah nama perhelatan Tokyo Motor Show menjadi Japan Mobility Show 2023 demi menyongsong cepatnya pembaruan teknologi seputar dunia otomotif. Salah satu partisipan yang bersiap unjuk gigi ialah Daihatsu. Pabrikan Jepang ini dipastikan bakal memamerkan visinya untuk masa depan dengan menghadirkan 5 mobil konsep mungil berdesian unik. 

Yang pertama ada duet Daihatsu Uniform Truck dan Uniform Cargo, yang bakal ditempatkan di segmen kendaraan komersial ringan kompak (LCV) masa depan. Pada dasarnya, kedua mobil konsep ini merupakan kendaraan yang sama, meski pada Uniform Truck dibuat dengan atap lebih tinggi buatan Nibako. Sementara pada Uniform Cargo dikemas berdesain minimalis lebih condong disebut blind van mini.

Daihatsu Uniform Truck tampil dengan atap tinggi besutan Nibako

Baik Daihatsu Uniform Truck dan Uniform Cargo memiliki panjang 3.395 mm dan mengutamakan desain eksterior sederhana demi kepraktisan dan kemudahan penggunaan. Platform kendaraan listrik (EV) ini akan mendapatkan area kargo datar yang mudah perawatan. Dipadu dengan elemen interior dan eksterior yang dapat dilepas menjadikannya serbaguna untuk berbagai skenario pekerjaan. 

Adapun jantung penggerak mobil konsep ini disokong baterai listrik yang dilengkapi dengan power suplai eksternal, sehingga LCV ini dapat berfungsi juga sebagai mobile shop. Model selanjutnya ialah Daihatsu Osanpo yang merupakan crossover electric convertible yang memadukan desain menawan dengan ground clearance lebih tinggi serta banyak dibubuhi lapisan plastik. 

Daihatsu Uniform Cargo dikeman model blind van mini

Meskipun memiliki panjang 3.395 mm (133,7 inci) yang sama dengan mobil kei Copen, Osanpo memiliki postur yang lebih tinggi dan jarak sumbu roda yang memanjang 2.440 mm (96.1 inci). Konsep keempat ada Daihatsu me:Mo, ini adalah kendaraan listrik perkotaan, yang juga memprioritaskan unsur keserbagunaan dalam menunjang aktivitas harian. 

Daihatsu me:Mo mengusung desain kotak dengan sudut membulat dan kabin berisikan 3 tempat duduk. Mobil listrik kompak ini berukuran panjang 2.955 mm (116,3 inci). Meskipun bertubuh lebih kecil, me:Mo mengimbanginya dengan overhang minimalis, roda kompak, dan area samping yang datar, sehingga kemungkinan besar mampu menghasilkan interior yang lapang. 

Serta yang diklaim bakal menjadi bintang panggung yakni Daihatsu Vision Copen. Roadster legendaris Daihatsu ini bakal hadir dengan pambaruan bodi yang lebih futuristik dan jantung yang diproyeksi lebih bertenaga. Informasi detail mobil-mobil konsep Daihatsu ini bakal disibak di Japan Mobility Show mulai 26 Oktober- 5 November 2023 di Tokyo Big Sight Exhibition Center.

Baca juga: Daihatsu Vizon-F, Tes Pasar Wajah Baru Gran Max?

Baca juga: Menakar Peluang Honda N-VAN EV Prototype Meriahkan Segmen Niaga di Indonesia