Daihatsu Vizon-F, Tes Pasar Wajah Baru Gran Max?

Daihatsu Vizon-F, Tes Pasar Wajah Baru Gran Max?
Faktor utilitas pemakaian tetap jadi identitasnya
 

Arena GIIAS 2023 yang berlahir pekan lalu (10-20/8) di area Daihatsu tampil Daihatsu Vizon-F yang mungkin bisa dibilang Gran Max masa depan.Walaupun masih berbentuk konsep, mobil ini mengambil basis platform dari unit Gran Max yang dikonversikan dari ICE (Internal Combustion Engine) menjadi mobil listrik.

Terlihat konsep Stylish dan Futuristic dimana warna silver dan abu-abu ditambah list yang terdapat di bawah kaca bagian depan. Desain bumper depan dan pintu belakang dilengkapi dengan layer digital yang membuat mobil ini tampil futuristik. "Mobil listrik konsep Daihatsu Vizion-F merupakan mobil konsep BEV (Battery Electric Vehicle) yang dapat menjadi solusi mobilitas baru dalam beragam aktivitas penggunaan," papar Yasushi Kyoda, Yasushi Kyoda, President Director PT ADM (Astra Daihatsu Motor).

Penggeraknya sendiri menggunakan motor listrik 35 kW, sementara baterainya 28 kWh dengan jangkauan maksimum 200 kilometer. Laju maksimalnya 100 km/jam.

Kompartemen penumpang jadi lebih futuristis

 

Seperti diketahui mobil konsep ini dikembangkan tim riset Daihatsu di Karawang, Jawa Barat. Di situ memang ada unit riset Daihatsu untuk kendaraan buat pasar Indonesia maupun Asia Tenggara. PT Astra Daihatsu Motor (ADM) bersama dengan Daihatsu Motor Company, Japan (DMC) berkomitmen untuk turut aktif dalam upaya pengembangan kendaraan listrik menuju era elektrifikasi.

 Daihatsu VIZION-F merupakan mobil konsep BEV (Battery Electric Vehicle) yang diklaim dapat menjadi solusi mobilitas baru dalam berbagai aktivitas penggunaan. VIZION–F ini didesain dengan konsep Vision, Zero Emission, dan Futuristic, Functional, Fun & Friendly. Nama ini menunjukkan satu mobil masa depan ramah lingkungan sekaligus mampu jadi pendukung keseharian masyarakat.

Hal yang termasuk adalam keseharian masyarakat itu , antara lain:

  • Untuk penggunaan pribadi.
  • Berbagai aktivitas penggunaan seperti unit rescue, sebagai kendaraan penyelamat yang dipasangi baterai agar dapat memasok listrik saat keadaan darurat.
  • Sebagai kendaraan berusaha, misalnya untuk café keliling, tanpa memerlukan genset maupun lokasi tempat bermalam.
  • Sebagai kendaraan operasional yang bisa menyalurkan pasokan listrik secara darurat ke kendaraan listrik lainnya

Buritan jadi lebih 'sleek'

 

Baca juga : Menakar Peluang Honda N-VAN EV Prototype Meriahkan Segmen Niaga di Indonesia

Baca juga: Mitsubishi Minicab-MiEV, Calon 'Raja Mobil Listrik' Yang Sebenarnya?