Serba Baru, Ini Spesifikasi Lengkap Mitsubishi All New Triton

Serba Baru, Ini Spesifikasi Lengkap Mitsubishi All New Triton
Versi terbaru yang berubah total dibandingkan versi sebelumnya
 

Segmen pikap kabin ganda bakal makin panas dengan kehadiran Mitsubishi "All New" Triton. Edisi terbaru Triton ini melakukan debut global di Thailand dengan sasis ladder frame baru, bodi lebih besar, desain berani dan modern, serta mesin baru yang diklaim semakin bertenaga. 

Hanya ada satu hal yang dibawa pikap kabin ganda ini dari pendahulunya yakni penggunaan rem teromol belakang, meski hal ini diyakini bisa berubah di waktu yang akan datang. Pasalnya dari beberapa sumber terpercaya, upgrade ke rem cakram belakang direncanakan ke Triton untuk mengadaptasi fitur keselamatan tambahan yang lebih canggih. 

“Saat ini bagian (rem) belakang adalah drum (teromol), tetapi agar kompatibel dengan ADAS (Advanced Driver Assistance System) serta [fitur] parkir otomatis, kami ingin memiliki rem [cakram] belakang dan untuk mengoptimalkan kinerja juga,” kata Yoshiki Masuda, produk spesialis Triton. “Mungkin terkadang peningkatan, perubahan model kecil, kami ingin mempertimbangkan cakram,” tambahnya. Komentar Masuda menunjukkan rem cakram belakang akan diperkenalkan sebagai bagian dari facelift Triton di tahun-tahun mendatang.

Triton generasi baru nampak semakin 'bergizi' jika dibanding dengan generasi sebelumnya. Dimensi panjangnya mencapai 5.320 mm, lebar 1.865 mm, tinggi 1.795 mm, plus jarak sumbu roda 3.130 mm. 

Desain All-New Triton sukses menggabungkan tampilan yang mengesankan sekaligus ekspresi ketangguhan dari sebuah pikap. Konsep fascia khas Dynamic Shield diterjemahkan lewat ubahan gril tiga dimensi yang kokoh dan bentu bumper depan unik dan minimalis. Adapun DRL-nya menampilkan tiga lampu LED berbentuk L menyerupai tatapan elang yang tajam elang, dikombinasi headlamp dengan pencahayaan tiga dimensi di bawahnya, bikin tampilam "All New" Triton makin luar biasa. Sementara itu sisi bodi nampak mengotak terdiri dari permukaan besar dan kokoh, sekaligus kontras dengan panel di fender yang memakai warna hitam

Bergerak ke kabin yang diklaim lebih luas 50 mm, interiornya menggunakan banyak bentuk geometris dan elemen metalik untuk menciptakan ruang modern serta kontras. Penyegaran terasa mulai dari aplikasi layar sentuh berukuran 9 inci. Layar sentuh ini hebatnya sudah bisa terkoneksi dengan smartphone. Mengusung konsep Mitsubishi Touch, bagian setir, grip, dan gagang pintunya dirancang ulang untuk meningkatkan kenyamanan. 

Mesin diesel anyar 4N16 terbagi dalam tiga spesifikasi output berbeda. Versi high-output dilengkapi dengan turbocharger dan sistem pembakaran baru mampu menghasilkan tenaga 201 daya kuda dan torsi maksimum 470 Nm mulai putaran 1.500 rpm, memungkinkan pengendaraan responsif dengan torsi berlimpah. 

Sementara itu dua versi mesin standar lainnya lain bertenaga 181 dk dan torsi maksimum 430 Nm. Serta satu lagi dengan mesin yang memiliki output maksimum 147 dk dan torsi maksimum 330 Nm. Pikap kabin ganda ini hadir dengan transmisi otomatis 6-percepatan dengan mode Sports atau transmisi manual 6-percepatan dengan shift-by-wire 

Untuk menghadapi berbagai kontur jalan, Triton anyar ini dibenamkan 7 mode berkendara, yakni Normal, Eco, Gravel, Snow, Mud, Sand, dan Rock. Bahkan hadir pula fitur Active Yaw Control untuk meningkatkan performa saat menikung serta menjikankan merespon sesuai dengan keinginan pengemudi.

Ditambah dengan sederet fitur keselamatan aktif mulai dari Forward Collision Mitigation System (FCM), Front Cross Traffic Alert (FCTA), Drive Monitoring System (DMS), Drive Attention Aler (DAA), Traffic Sign Recognition (TSR), hingga Adaptive Cruise Control (ACC), Active Stability & Traction Control, Hill Start Assist, Hill Decent Control,

Baca juga : Ini Bedanya Toyota Hilux GR Sport Versi Indonesia dan Australia

Baca juga : Ford Ranger Hadir Lagi Di Indonesia