Ini Bedanya Toyota Hilux GR Sport Versi Indonesia dan Australia

Ini Bedanya Toyota Hilux GR Sport Versi Indonesia dan Australia
Toyota Hilux Sangat Tenar Di Negeri Kanguru
 

Toyota Australia resmi mengumumkan kedatangan Toyota Hilux GR Sport generasi lanjutan yang siap dipasarkan di Negeri Kanguru tersebut mulai bulan September 2023. 

Meski sekilas terlihat mirip ternyata cukup banyak perbedaan esensial antara Toyota Hilux GR Sport di Australia dengan Hilux GR Sport yang beredar di negara-negara Asia Tenggara seperti Indonesia dan Malaysia. Mulai dari tampilan luar. Kita masih bisa mendapati gril model sarang lebah di Hilux GR Sport versi Australia identik dengan gril Hilux GR Sport versi Indonesia dipadu logo bertuliskan Toyota plus emblem GR. Namun sedikit perbedaan nampak dari desain bumper depan yang lebih agresif dan menyudut, serta rumah lampu kabut baru plus moulding bawah warna silver berada tepat di atas skid plate yang unik. 

Hilux GR Sport versi Australia juga terlihat lebih berotot karena dipasok overfender besar warna hitam dan memiliki lubang aero di bagian depan yang membantu mengurangi turbulensi di fender. Pada lingkar roda itu dibenamkan pelek hitam ukuran 17 inci 'Gaya Dakar' dibungkus ban Bridgestone Dueler AT 265/65 R17. 

Komposisi roda ini berbeda dari ukuran ban di Hilux GR Sport versi Indonesia yang memakai pelek 18 inci dibalut ban 265/60 R18. Walau di keempat roda sudah dipasang rem cakram menggunakan kaliper empat piston berukuran 338 mm x 28 mm di depan dan kaliper floating piston tunggal ukuran 312 mm x 18 mm di belakang dan semuanya dilabur warna merah.

Bergeser ke samping, Hilux GR Sport versi Australia diperkuat side step kokoh terbuat dari baja setebal 2 mm yang diklaim membantu melindungi daun pintu dan bagian bawah bodi kendaraan. Sementara di buritan, ada lubang pengait untuk evakuasi berkelir merah terintegrasi dalam bumper belakang hitam, serta pasokan towbar dan towball menjadi kelengkapan standar. 

Masuk ke kabin, HiLux GR Sport versi Australia nampak lebih sporty dengan pasokan setir berbalut kulit lengkap dengan paddle shift, akren tengah merah, dan logo GR. Juga tersebarnya logo GR mulai area jok sporty di depan berbahan campuran kulit dan suede, dipadukan dengan jahitan abu-abu dan sabuk pengaman merah. Sementara pedalnya sudah aluminium, dasbor baru, tuas transmisi GR Sport yang unik, dan karpet lantai berbahan apik, disempurnakan sokongan upgrade audio yang diperkuat 9 buah speaker JBL.

Namun lebih dari sekadar ubahan estetika, pikap kabin ganda Toyota di Australia ini lebih bertenaga. Meski sama-sama menggunakan mesin turbodiesel 1GD berkapasitas 2.800cc. Hilux GR Sport versi Australia menghasilkan tenaga 221 daya kuda dan torsi 550 Nm, terhubung ke transmisi otomatis 6 percepatan yang dituning ulang untuk mendukung semburan tenaga yang besar tadi. Catatan ini tentu berbeda dengan Hilux GR Sport di Asia Tenggara hanya bertenaga 201 dk dan torsi maksimal mentok di 500 Nm.

Hilux GR Sport kini menggunakan sasis lebih kokoh yang sama dibangun untuk Hilux Rogue. Dengan peningkatan tinggi (ground clereance) 15 mm dan lebar trek 135 mm di depan dan 155 mm di belakang. Tak hanya itu, kaki-kaki pikap kabin ganda ini didukung suspensi double wishbone dengan koil spring di depan serta per daun belakang serta sudah dilengkapi peredam kejut monotube KYB dengan diameter piston yang lebih besar.

Bagi konsumen Hilux GR Sport di Australia, disediakan 5 pilihan warna yakni Glacier White, Frosted White, Stunning Silver, Eclipse Black dan Feverish Red. Adapun harga mobil ini dibanderol 73,990 Dollar Australia atau sekitar Rp 743 jutaan. Sementara Hilux 2.8 GR-S Double Cabin 4x4 A/T di Indonesia bisa dimiliki dengan skema spot order berbanderol Rp 784,8 juta. 

Baca juga : Komparasi Harga dan Fitur 4 Varian New Hilux Box

Baca juga : Ford Ranger Hadir Lagi