Volvo FH, Truk Listrik Terbaik Versi IToY 2024

Volvo FH, Truk Listrik Terbaik Versi IToY 2024
Truk listrik makin jadi perhatian di dunia
 

Setelah melewati masa pengamatan selama 12 bulan terakhir, perkumpulan 24 jurnalis ternama yang berasal dari negara-negara Eropa memutuskan bahwa Volvo FH yang bertenaga listrik disematkan gelar “Truck of The Year 2024” (IToY) dengan hasil voting 84 suara.

Barisan juri tersebut juga mengamati perkembangan pasar truk di Cina, India, Afrika Selatan, Australia, Brazil, Jepang, Iran, Selandia Baru, Malaysia, wilayah Eropa tentu saja. Didukung sepuluh institusi tambahan yang berada di belakang para juri dimana klaimnya mencakup readership dari setiap media yang ada di angka 1,1 juta.

Kegiatan tahunan yang sudah berlangsung sejak tahun 1977 ini, untuk periode penjurian 2023 melakukan penilaian intensif terhadap sejumlah truk terbaru yang dipasarkan di benua Eropa. Beberapa hal yang menjadi dasar penilaian atas isu “efisiensi operasional” yang meliputi; inovasi teknologi, kenyamanan, fitur keamanan, kemudahan berkendaraa, efisiensi konsumsi energi, keramahan terhadap lingkungan, dan Total Cost of Ownership.

Ada empat kategori yang disediakan dalam penilaian tahun ini, termasuk model tanpa emisi. Semua dalam konteks transisi energi bagi bidang transpotasi. Walaupun soal kendaraan nol emisi masih jadi perdebatan bagi dunia otomotif dan tarsnportasi di Eropa sekalipun.

Secara khusus truk listrik Volvo seri FH mendapatkan penilaian tertinggi untuk hal-hal riil seperti; akselerasi yang tanpa jeda, kesenyapan saat truk beroperasi, rendahnya tingkat getaran kendaraan, dan efisiensi konsumsi energi dari sistem penyakur tenaga. Semuanya mendapat nilai tertinggi dengan paket motor listrik, dengan dua varian yaitu 330 dan 490 kW dan paket girboks I-Shift yang orisinal temuan Volvo.

Barisan truk listrik Volvo yang tersedia saat ini ada pada seri; FH, FM, FMX, FE, dan FL.

Tahun ini Volvo dapat pesanan 1.000 unit truk molen tenaga listrik dari Holcim Eropa 

Ketua juri gelaran “International Truck of the Year” (IToY), Gianenrico Griffini yang merupakan jurnalis asal Italia kasih sambutan dalam siaran pers resminya,” Truk listrik seri FH dari Volvo merupakan produk ‘a state-of-the-art’ yang mampu dijalankan untuk berbagai keperluan dunia transportasi saat ini serta bisa membuktikan bahwa produk-produk truk listrik Volvo nampaknya mampu menjawab semua kebutuhan bidang transportasi saat ini.”

Dua produk yang jadi pesaing terdekat bagi Volvo adalah Mercedes-Benz eActros 300/400 dan Scania seri 45S.

Selain Volvo ser FH yang bisa mendapatkan status “Truck of The Year 2024”, teknologi temuan pabrikan MAN soal truk tanpa pengemudi disematkan pula gelar terbaik untuk kategori “Innovation Award 2024”.

Tahun lalu yang menggamit gelar “Truck of The Year 2023” adalah truk asal Belanda yaitu DAF seri XD.  

Baca juga: Rizon, Kembaran eCanter. Resmi mengaspal di Amerika

Baca juga: Fuso eCanter Jadi Rilis Tahun Depan?

Baca juga: Truk Scania Listrik Pertama Mendarat di Singapura

Truck of The Year 2023, DAF seri XD

MAN mendapat predikat "Inovation Award 2024" untuk fitur truk tanpa pengemudi