Antrean Pesanan Jetbus 5 Makin Panjang

Antrean Pesanan Jetbus 5 Makin Panjang
Pesan sekarang, rilis tahun depan
 

Ajang GIIAS 2023 nyata melambungkan desain Jetbus 5 kreasi Adiputro sebagai produk terbaru menggantikan era Jetbus 3. Bagaimana tidak, sampai bula September lalu produksi untuk pesanan desain untuk Jetbus 5 dengan berbagai variannya diklaim sudah ‘full’ sampai bulan Desember 2023.

"Benar untuk (pengerjaan Jetbus 5,Red) yang selesai di Desember memang sudah penuh. Jadi sasis masuk bisa, tapi selesai setelah Desember," kata David Jethrokusumo, Direktur PT Adiputro Wirasejati, saat dihubungi langsung (8/9). Artinya jika ada Perusahaan Otobus (PO) yang saat ini berminat dibangung bodi Jetbus 5 dengan sasis baru, atau sekadar facelift menggunakan sasis lama, bisa mendapatkan unitnya empat bulan ke depan alias di awal tahun 2024. 

Seperti diketahui saat peluncuran di GIIAS 2023 lalu, Adiputro merilis 6 varian Jetbus 5 terdiri dari MHD Dream Coach Jetbus 5, MHD Single Glass Jetbus 5, SHD Single Glass Jetbus 5, SHD Double Glass Jetbuss 5, Medium Single Glass Jetbus 5, dan SDD/Double Decker Jetbus 5.

PO Subur Jaya termasuk pemesan terbesar Jetbus 5

 

"Kami punya beberapa pilihan tapi umumnya kalau SHD dan SDD pakai Hino RM atau sasis Tronton. Sementara untuk Mercy Single Axle ya sudah pasti akan pakai bodi MHD," urai David.

Tingginya respon PO terhadap bodi bus baru ini terlihat dari 6 unit perdana Jetbus 5 edisi 50 Anniversary yang sah terjual. Mulai dari PO SAN sebagai pemilik SHD Single Glass, SHD Double Glass milik PO Sempati Star, SDD Jetbus 5 untuk PO GHTS, Jetbus 5 MHD Single Glass milik PO Jackal Holidays, Jetbus 5 Dream Coach milik Pandawa 87 serta Medium Single Glass Jetbus 5 untuk PO Travelink.      

Pemesan Jetbus 5 untuk jalur AKAP maupun Pariwisata

 

Tingginya animo atas Jetbus 5 disebutkan David masih dalam pemantauan yang serius untuk bisa menetapkan kapasitas puncak produk karoseri yang bermarkas di bilangan Karanglo, kota Malang ini. "Sampai saat ini masih belum bisa tertakar karena masih baru pasti ada hambatan-hambatan. Mungkin akhir tahun baru bisa kelihatan," ujar David.

Namun dipastikan bahwa semua unit yang rilis pasca GIIAS 2023 memang tidak lagi bisa memakai desain edisi setengah abad Adiputro yang muncul saat GIIAS 2023.

"Untuk spesifikasi enam bus edisi 50 tahun Adiputro ini, ya sudah untuk enam bus ini saja. Tapi berikutnya kalau ada (PO) yang ingin fitur-fiturnya menyerupai dengan bus ini tentu bisa. Tapi yang jelas kalau minta warna biru 50 tahun seperti ini tidak akan ada lagi, ini sudah selesai," urai David lagi (11/8). 

Hal tersebut juga termasuk untuk detail pada kabin, ambil contoh untuk model dan warna jok, pemesan masih bisa memilih  desain ala Jetbus 5 edisi 50 tahun  namun tidak ada logo 50 Tahun. Karena detail ini hanya spesial terpasang pada enam unit bus yang terpajang pada GIIAS 2023 yang lalu.  

Proses evolusi Jetbus 3 ke Jetbus 5 sendiri melalui proses panjang dan terencana. "Dari enam produk ini semuanya jagoan kami dengan pembaruan menyeluruh hasil pengembangan desain sejak 3 tahun yang lalu. Namun semakin diseriusi mulai dari skesta hingga ke prototype lalu moulding sejak setahun terakhir dan aktif produksi selama enam bulan," pungkas David.  

Baca juga: Desain Bus GIIAS 2023: Detail Dan Warna Jadi Kunciannya

Baca juga: Begini Cara Desain Bus Double Decker