Desain Bus GIIAS 2023: Detail Dan Warna Jadi Kunciannya

Desain Bus GIIAS 2023: Detail Dan Warna Jadi Kunciannya
Makin kuatkan kemampuan inovatif desainer bus Indonesia
 

Tiga karoseri partisipan GIIAS 2023, Tentrem yang asal Malang, Laksana yang bermarkas di Semarang, dan Adiputro yang berkantor pusat di Malang sejatinya juga hadir di ajang GIIAS 2022.

Waktu itu Adiputro mengangkat penampilan Jetbus 3+ (plus) sebagai bintang di panggungnya. Kemudian Laksana memboyong tema baru yaitu ‘Combi’ yang disematkan pada SR3 dan juga ada penampilan perdana SR3 HD Panorama Ultimate bergaya ‘single glass’. Dan Tentrem memboyong Avante H7 AB yang berbodi aluminium sebagai bintang inovasi mereka.

Di GIIAS 2023, ketiganya hadir lagi dengan memboyong model desain yang tidak berbeda dibandungkan penampilan mereka tahun lalu. Jika tidak berlebihan, penampilan tiap model merupakan ubahan versi dari tingkatan ‘minor change’ hingga ‘major change’.

Kepiawaian sekaligus kreativitas para desainer ketiga karoseri di atas membuat setiap desain yang hadir di GIIAS 2023 seperti nampak baru sama sekali. Boleh jadi, pemilihan warna serta livery yang bisa disebut punya kekuatan ekstra kuat dari setiap model bus yang hadir tahun ini.   

Kita bisa lihat sejumlah detail antar model yang sama dari ajang GIIAS 2022 dan coba dilihat perbedaannya dari yang tampil di GIIAS 2023 saat ini.

Jetbus 3+ versi 2022 mengalami 'major change' pada Jetbus 5 versi 2023, jadi punya 'empat' headlamp

SR3 'Combi' versi 2023 berubah posisi DLR-nya dibandingkan versi 2022

Baca juga : ‘Selendang’ Itu Nyawanya Bis

Baca juga : Inilah Aturan Pemerintah Soal Dimensi Bus

Avante versi 2023 punya tampilan wajah yang lebih simple dibandingkan versi 2022

Basis 'wajahnya' serupa, bumper dan garnish di bawah kaca jadi titik perbedaan pada SR3 HD Ultimate 2022 dan SR3 DD 2023

Baca juga : Mau Beli Bus Baru Mercy? Ini Panduannya…

Baca juga : Neoplan, Bodi Bus Paling Nyaman Di Indonesia?