Dahsyat, Damri Rilis DD Pertama!

Dahsyat, Damri Rilis DD Pertama!
Segera melintasi di jalur "panas" Jakarta-Malang
 

Nyaris tanpa gosip sebelumnya, Perum DAMRI yang punya kepanjangan Djawatan Angkoetan Motor Repoeblik Indonesia, menjelang tutup tahun 2023 (14/12) merilis dua unit double decker seri Avante D2 rancangan karoseri Tentrem.

Inagurasi dilakukan di pool Damri di kota Malang, Jawa Timur, secara langsung dilakukan oleh Setia N. Milatia Moemin selaku Direktur Utama DAMRI.

Tidak tanggung-tanggung kelas yang disasar oleh operator transportasi yang embrionya sudah ada sejak tahun 1943 ini ditegaskan lewat nama “Imperial Suites”. Ada kombinasi kompartemen yang disediakan; 6 titik untuk fasilitas sleeper untuk dek bawah, dan 30 seat untuk dek atas.

Tarif yang dikenakan untuk bisa menikmati fasilitas rebahan adalah Rp 595 ribu, dan Rp 495 ribu untuk segmen ‘Royal Class’ di dek atas. Keduanya diboyong untuk bersaing ketat di rute Jakarta-Malang yang merupakan salah satu jalur “terpanas” saat ini di pulau Jawa.

Titik kerangkatan di Ibu Kota adalah Kemayoran, Jakarta Pusat, yang juga merupakan pool terbesar operator bus dengan lusinan rute komuter, antar kota dan provinsi, sampai antar negara ini. Tujuan akhir di kota Malang adalah terminal Arjosari.

Tarif kompartemen sleeper dihargai setengah juta rupiah (@Andriawanprati1)

Ada pramugari untuk membantu penumpang selama perjalan (@Andriawanprati1)

Sudah tentu kehadiran sepasang bus tingkat bermesin Volvo B11R milik perusahaan yang resmi dinamakan DAMRI pada tahun 1946 itu akan menambah ketat persaingan antar operator yang menyediakan unit double decker di rute Jakarta-Malang.

Paling tidak kehadirannya akan menambah lagi pilihan calon penumpang yang tadinya bisa memilih layanan dari Juragan 99 Trans, Sinar Jaya, maupun Lorena yang juga sama-sama menghadirkan unit model double decker.

Bukan tidak mungkin juga kondisi ini akan menjadi ‘benchmark’ kalau jalur Jakarta-Malang patut disediakan fasilitas bus kelas premium.

Baca juga: Avante 2023: Kolaborasi Karoseri Tentrem dan Operator Bus

Baca juga: Mau Beli Bus Double Decker? Segini Harganya…

Baca juga: Desain Bus GIIAS 2023: Detail Dan Warna Jadi Kunciannya

Memakai salah satu sasis paling 'powerfull' saat ini, Volvo B11R (@Andriawanprati1)

Bodi Avante D2 muncul di GIIAS 2023 dengan sasis Scania K410CB