Kisi-Kisi Disebar, Laksana Tutup Rapat Info Bus Barunya di GIIAS 2023

Kisi-Kisi Disebar, Laksana Tutup Rapat Info Bus Barunya di GIIAS 2023
Ubahan revolusioner bodi bus baru Laksana
 

Bukan main, tiga raksasa karoseri akan serempak hadirkan karya unggulan mereka di ajang GIIAS 2023. Baik Tentrem, Adiputro, maupun Laksana nyata-nyata menghadirkan kreasi mereka di tahun ini setelah saat GIIAS 2022 ketiganya 'saling intip'. 

Bocoran siluet bodi bus baru Laksana resmi diunggah akun Instagram @laksanabus, Rabu malam (2/8). Dibubuhi caption pada kaca bertuliskan, "Hey, chat GPT, can you show me The Safest, Most Luxurious Bus in Indonesia?". Lewat caption tersebut, Laksana seperti hendak memancing komentar riuh netizen dan busmania, untuk memastikan jawaban jika bodi bus Laksana ini diklaim bakal tampil sangat mewah sekaligus paling aman dibanding kompetitornya.

"Hihihi, sekalian saja nanti mas, Ya kisi-kisinya itu tebakkan," kata Candra Dewi selaku Brand & Marketing Communication Manager Karoseri Laksana kepada Bus-Truck.id ketika dikontak langsung (7/8). Candra nampak begitu hati-hati dan masih menutup rapat informasi bodi bus baru yang disinyalir pembaruan di keluarga besar Legacy SR.

Hal itu tentu terus mendulang beragam spekulasi soal bagaimana desain Laksana terbaru tersebut. "Sepertinya SR3 Double decker, keliatan antara ban depan & pintu belakang gak ada garis bagasinya, ciri khas DD. Kayaknya juga bakal lebih jenong dari SR 2 DD kalo dilihat dari siluetnya" duga @canggihalfan. 

"Fix Double decker nih, soalnya gk ada ruang bagasi di tengah body" timpal @lutfifajri_akbar. Sukses bikin penasaran, bodi bus baru ini dipastikan akan menjadi salah satu produk unggulan Laksana.

Legacy SR dari Laksana sendiri saat ini terbagi tujuh varian. Mulai SR3 Panorama HD, SR3 Panorama XHD, SR3 HD Prime, SR3 XHD Prime, SR2 Double Decker, SR3 Suites Class, dan SR3 Suites Combi. 

Seperti informasi yang berhasil digali tim Bus-Truck saat menyambangi langsung markas Laksana awal bulan Juli 2023. Kusririn selaku R&D Manager Laksana Bus menyebutkan bahwa dalam ajang GIIAS 2023 di bulan Agustus nanti akan menghadirkan enam produk unggulan. “Dua diantaranya benar-benar model terbaru,” bukanya.

Dari enam produk tersebut merupakan bus ukuran besar dan satu unit bus ukuran sedang.

Sejurus kemudian diterangkannya lagi bahwa Laksana secara rutin akan merilis model maupun desain terbaru setiap tiga tahun. “Pemesan akan selalu mendapatkan desain yang terbaru sesuai siklus desain, desain kami yang lama tidak lagi kami sodorkan ke pemesan. Kalaupun ada yang meminta ubahan pada desain Laksana sebelumnya untuk diubah dengan desain yang baru kami bisa terima,” urai pria yang akrab dipanggil Ririe itu.

Setiap desain terbaru akan dihasilkan setelah memakan waktu dua sampai tiga bulan hingga tahap purwarupa.

Jika ada permintaan dari desain lama yang sudah terbangun menjadi tampilan sesuai desain terbaru Laksana tersebut dimasukan dalam proses body repair. “ Secara singkat, ‘memotong’ bagian depan dan belakang bodi bus, termasuk jika ada detail lain yang dimau konsumen,” jelas Ririe lagi sembari menyebut pihaknya hanya mau menerima yang basis desainnya memang kreasi Laksana.

Tak cuma itu itu, urusan keamanan menjadi prioritas bus-bus Laksana hingga dengan tegas mengusung tagline #pioneerofsafety. "Ya Pioneer of Safety, ya artinya kan pioner dalam hal keselamatan," tambah Candra, beberapa waktu lalu.

Tentu saja booth Laksana di Hall 2D ICE BSD Tangerang saat GIIAS 2023 patut jadi agenda kunjungan. Karena jika merunut keterangan Ririe bahwa Laksana hadir dengan desain terbaru tiap tiga tahun, jika merunut periode pandemi yang berlangsung selama dua tahun seharusnya model terbaru rilis tahun lalu. 

Adakah wajah SR3 berubah total tahun 2023?

Baca juga : Bocoran Karoseri Laksana Untuk GIIAS 2023

Baca juga : Inilah Bodi Bus Baru Tentrem Untuk GIIAS 2023...