Mitsubishi “All New” Triton Raih Lima Bintang ASEAN NCAP

Mitsubishi “All New” Triton Raih Lima Bintang ASEAN NCAP
Baru masuk Indonesia setelah 2024
 

Bulan Desember jadi kabar gembira bagi segenap tim Mitsibishi Motor Corporation yang menggawangi Triton terbaru. Karena pikap ‘kelas 1 ton’ ini mendapatkan penilaian “lima bintang” dalam pengujian ASEAN NCAP.

Pikap ini untuk kawasan ASEAN, khusunya Thailand, sudah rilis bulan Juli yang lalu. Akan masuk pasar Jepang awal 2024. Dan hal yang penting pada versi Triton terbaru kali ini adalah sebuah konsep kendaraan serbaguna yang tangguh, efisien, ekonomis, sekaligus bisa dijadikan kendaraan utama oleh pemiliknya.

Oleh karena kompleksitas peruntukan tersebut, salah satu hal yang ditingkatkan secara signifikan adalah fitur keselamatan pada Triton generasi ke-6 ini. Ada fitur yang disebut RISE alias Reinforced Impact Safety Evolution. Ada struktur khusus yng akan bisa menyerap energi saat terjadi benturan sehingga kabin bisa diupayakan secara maksimal untuk ‘utuh’.

Semua sabuk pengaman juga mendapatkan desain baru yang mempertahakan posisi tubuh penumpang maupun pengemudi tidak banyak bergeser dari posisi semula. Semua airbag di dalam kabin juga mendapatkan pengembangan yang lebih canggih.

Sistem kendali gerak bernama ASC (Active Stability Control)' juga disematkan agar bisa lebih akurat menjaga gerakan bodi mobil dalam setiap manuver yang sesuai kondisi jalan.

Ada juga FCM atau Forward Collision Mitigation. Satu sistem yang bisa mendeteksi pejalan kaki yang berada di depan mobil sehingga sistem pengereman sudah ‘bersiap’ lebih cepat sebelum kaki pengemudi menginjak pedal rem.

Model dengan nama lain L200 tersebut saat ini dimensi panjangnya 5.320 mm, lebar 1.865 mm, lalu tinggi 1.795 mm, dan jarak sumbu roda 3.130 mm. Komposisi ini berubah dari versi sebelunya, kini lebih panjang 55 mm, lebih lebar 115 mm, lebih tinggi 35 mm, dan ruang kabinnya lebih lapang 50 mm.

Mesin yang digendong sudah dibuat baru dengan kapasitas silnder yang sama 2.400 cc. Kode mesinnya berbeda, sekarang 4N16 turbo diesel. Ada tiga pilihan karakter tenaga namun paling besar bisa berpotensi 201,1 daya kuda dan torsi maksimal 470 Nm. Mesin ini dipadukan sistem penggerak 4WD.

Turut dihadirkan dua pilihan transmisi bakal mobil ini yaitu otomatis enam kecepatan dan transmisi manual enam kecepatan dengan shift-by-wire.

Baca juga: Serba Baru, Ini Spesifikasi Lengkap Mitsubishi All New Triton

Baca juga: Ford Ranger Hadir Lagi Di Indonesia

 

Kapasitas silnder sama 2.400 cc, kode mesinnya berbeda, sekarang 4N16 turbo diesel