Volume Penumpang Arus Balik Makin Tinggi

Volume Penumpang Arus Balik Makin Tinggi
Barisan armada TransJakarta siap hubungkan ke tujuan akhir
 

Menurut Kepala Terminal Lebak Bulus, Revi Zulkarnaen, jumlah penumpang arus balik yang tiba di Terminal Kalideres pada H+3 Lebaran, atau pada hari Minggu (14/4) diperkirakan menembus 3.500 orang hingga pukul 24.00 WIB.

Umumnya datang dari wilayah Sumatera Barat, Lampung, Jawa Barant sampai Jawa Timur.  Sementara itu, lanjut Revi, puncak arus balik di Terminal Kalideres akan terjadi pada Senin (15/4).  "Senin bisa 7.000 penumpang," kata Revi sembari menyebut bahwa arus penumpang arus balik yang jumlah ribuan orang masih akan berlanjut di hari Selasa Selasa (16/4).

Serupa dengan perkiraan di Terminal Kalideres, kondisi arus balik di Terminal Terpadu Pulo Gebang, Jakarta Timur, juga serupa. Menurut Kepala Satuan Pelaksana (Kasatpel) Terminal Terpadu Pulogebang, Hendra Kurniawan, puncak arus balik Lebaran 2024 di Terminal Terpadu Pulogebangdiperkirakan terjadi pada tujuh hari setelah Lebaran (H+7) atau Rabu (17/4). 

Adapun jam kedatangan bus di Terminal Terpadu Pulogebang ini, kata Hendra yag ditemui akhir pekan lalu (14/4), biasanya ramai saat malam hingga pagi hari. Kalau untuk pemudik reguler khususnya dari Jawa Tengah dan Jawa Timur memang rata-rata berangkat di sore hari.

Khusus untuk pengemudi bus, pihak Terminal Pulogebang masih menyediakan pos pelayanan kesehatan sampai H+7 atau tanggal 14 April 2024. "Pos pelayanan ini juga untuk pemeriksaan tes urine khusus awak pengemudi itu diberlakukan sampai H+7 atau 17 April 2024," jelas Hendra lagi sambil menyebutkan pemerisakaan tekanan darah, gula darah, maupun koletrol juga termasuk bagian dari pelayanan kesehatan tersebut.

Pos pelayanan kesehatan itu beroperasi 24 jam, khusus pukul 07.00-21,00 WIB petugasnya dari terminal dan ppuskemas pendukung. Di atas pukul 21.00 hingga 07.00 keesokan harinya akan dibantu oleh petugas Ambulans Gawat Darurat (AGD).

Jam operasional TransJakarta mulai dini hari

 Untuk mendukung konektivitas transportasi ke wilayah kota Jabodetabek, pihak pengelola Terminal Terpadu Pulogebang juga mengerahkan armada bus Transjakarta untuk mulai beroperasi lebih awal.

"Ya memang kalau untuk pagi hari, dini hari, bahkan malam di sini ada angkutan lanjutan dalam kota khusus TransJakarta maupun Mikrotrans yang melayani ke berbagai tujuan untuk pemudik yang baru sampai," ungkap Hendra.  

Bus TransJakarta beroperasi mulai dari pukul 00.00 WIB hingga 05.00 WIB. Bus-bus tersebut melayani beberapa jurusan lanjutan dari Terminal Pulogebang ke lima tujuan seperti Kampung Rambutan, Pasar Minggu, Pasar Senen, Kalideres, dan Pulogadung.

Selain itu, angkutan lanjutan dalam kota khusus dari bus TransJakarta juga ada yang beroperasi mulai pukul 05.00 WIB hingga 11.00 WIB sehingga masyarakat dapat dengan mudah mendapatkan mobilisasi balik ke tujuannya masing-masing dari Terminal Terpadu Pulogebang menuju rute Koridor Sembilan, yaitu Pulogebang-Kampung Melayu.

Di terimal Kampung Rambutan juga sedang mengalami peningkatan arus balik yang signifikan. Pada tanggal 13 April 2024 sudah datang tak kurang 8/296 penumpang bus. Rata-rata datang dari wilayah Jawa Barat bagian selatan.

Baca juga: Korlantas Polri: Kecelakaan Bisa Tingkatkan Kemiskinan

Baca juga: Musim Lebaran: Terminal Kalideres Cuma Buat Bus AKAP Yang “Sehat”