Musim Lebaran: Terminal Kalideres Cuma Buat Bus AKAP Yang “Sehat”

Musim Lebaran: Terminal Kalideres Cuma Buat Bus AKAP Yang “Sehat”
Langkah preventif menjaga keselamatan dan kenymanan perjalanan
 

Pengelola Terminal Kalideres di Jakarta Barat berencana melakukan uji kelaikan (ramp check) angkutan penumpang pada tujuh hari sebelum (H-7) sampai tujuh hari setelah lebaran (H+7).
Hal tersebut dilakukan menyusul telah dilakukan ramp check angkutan pralebaran mulai Selasa (19/2) sampai Sabtu (2/3) lalu.

"Nanti ada lagi ramp check angkutan lebaran. Nah 'ramp check' angkutan lebaran itu selama masa angkutan lebaran, itu nanti H-7 sampai dengan H+7 lebaran," ungkap Kepala Terminal Kalideres, Revi Zulkarnaen di Jakarta pekan ini (4/2).

Revi mengatakan bahwa kegiatan cek fisik itu tersebut dibagi menjadi dua kategori, yakni teknis utama dan teknis penunjang angkutan.

"Teknis utama itu meliputi sistem rem, sistem roda, sistem kemudi dan sistem lampu supaya dipastikan komponen yang ada pada kendaraan itu berfungsi baik," ungkap Revi, seperti dikutip Antara.
Untuk teknis utama, kata Revi, pihaknya tidak memberikan toleransi kepada Perusahaan Otobus (PO) agar segera diperbaiki. "Komponen itu kan yang sangat inti. Jadi, itu tidak ada toleransi. Kalau rusak, harus segera diganti, diperbaiki," tegas Revi.

Sementara itu, untuk teknis penunjang seperti sabuk pengaman, alat dongkrak, alat pemadam kebakaran ringan dan alat pemecah kaca.

"Tapi, kita masih membolehkan jalan, apabila hanya kekurangan (teknis penunjang). Misalnya, itu kan di kendaraan asli, itu kan ada alat pemukul kaca itu," katanya.

Alat tersebut minimal harus punya dua, yaitu di kiri dan kanan. "Misalnya, rata-rata mungkin hanya ada satu. Itu kita peringatkan supaya segera dilengkapi," kata Revi lagi.

Dijelaskan lagi olehnya bahwa saat ini terdapat 130 Perusahaan Otobus (PO) yang membuka layanan dan mengoperasikan busnya di Terminal Kalideres.

Barisan operator bus itu melayani daerah tujuan seperti Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, dan sampai ke Nusa Tenggara Barat (NTB). Tentu termasuk hampir seluruh provinsi di pulau Sumatera.

 Sementara itu di terminal Kalideres juga akan dibuka posko pemeriksaan kesehatan gratis di lingkungan terminal pada H-10 lebaran 2024. Posko kesehatan ini dalam operasionalnya dibantu PMI dan Jasa Rahadja.

Hal yang pasti, di lokasi yang jadi ‘pintu masuk’ area DKI Jakarta di sebelah Barat itu akan hadir sejumlah posko pelayanan. Seperti; posko pengamanan terpadu, posko ramp check, posko istirahat pengemudi dan ruang laktasi Ibu menyusui.

Baca juga: Pemerintah Batasi Usia Pakai Bus AKAP dan Bus Pariwisata

Baca juga: Seperti Inilah Kode Supir Bus AKAP Pada Penumpang Jika Ada Copet