Toyota Rangga ‘Rilis’ Tahun 2024

Toyota Rangga ‘Rilis’ Tahun 2024
Saudara ‘kembarnya’, Toyota Hilux Champ, sudah rilis di Thailand pekan ini…
 

Tanggal 28 November 2023 Toyota Hikux “Champ” rilis perdana di Thailand. Produk yang tadinya berkode IMV Zero ini memang digadang-gadang jadi tulang punggung baru bagi Toyota untuk segmen komersial kelas ringan.

Toyota Motor Corporation dan Toyota Motor Thailand bahkan sudah mencanangkan bahwa Champ merupakan ‘mobil nasional’ Thailand. Harga yang dilansir mulai dari 459 ribu sampai 577 ribu Baht, setara Rp 203.516.514 sampai Rp 255.836.664, dan juga sudah dibuka proses indennya secara resmi.

Proyek ini jelas bukan main-main, Akio Toyoda yang Orang Nomor Satu Toyota menyebut bahwa gelaran IMV setiap model yang dihasilkan juga melibatkan para engineer lokal. Dengan begitu bisa menciptakan sebuah kontribusi yang baik untuk pertumbuhan ekonomi Asia.

Baca juga: Toyota Rangga Akan Pakai Mesin Innova Gen 1?

Karakter era Kijang Super dan Kapsul cukup terasa, sederhana dan fungsional

Peran para ‘mitra lokal’ dalam pengembangan IMO Zero ini akan membawa setiap negara di mana mobil serba guna ini diedarkan akan punya kesesuaian dengan kebutuhan nyata para calon pembelinya.

Ambil contoh untuk Toyota Hilux Champ, diharapkan konsumen Thailand bisa melakukan adaptasi dengan ketersediaan spesifikasi untuk selaras dengan kegiatan rutin mereka. Termasuk juga soal lifestyle.

Dalam presentasi produk saat inagurasi di Bangkok telah ditampilkan setidaknya 11 model ubahan bodi yang dimungkinkan pada Hilux Champ. Tersedia dua varian berdasarkan wheelbase; short dan long. Ada juga tiga pilihan mesin; 2.000 cc (bensin), 2.700 cc )bensin), dan 2.400 cc (diesel).

Mobil ini punya spesifikasi dasar; komposisi dimensinya 5300 x 1785 x 1735 mm (panjang x lebar x tinggi), wheelbase 3.085 mm, penggerak 2WD, bobot kosong 2.790 kilogram, minimum radius putar  5,4 meter, kapasitas angkut 1 ton, mesin 2.400 cc (diesel), opsi transmisi 5 percepatan (manual) dan 6 percepatan (otomatis).

Pihak PT Toyota-Astra Motor saat dihubungi tidak menampik perihal makin dekatnya waktu rilis perdana mobil serupa. Dimas Aska selaku Head of Media Relation PT Toyota-Astra Motor (TAM)  menyebutkan bahwa jadwal rilis IMV Zero, versi Indonesia dinamai Toyota Rangga adalah tahun depan.  ”Soalnya banyak persiapannya termasuk spare part, lalu karoseri, paket (modifikasi bodi, Red), dan lain-lain, ” ujarnya saat dihubungi langsung (28/11).

Saat ditemui pada ajang GIIAS 2023 saat rilis ‘versi konsep’, Dimas juga menjelaskan bahwa,“Ini memang mobil konsep yang bisa mengakomodir beragam keperluan berkendara sekaligus angkutan. Mulai dari keperluan angkut barang di wilayah pertanian, untuk keperluan logistik ringan, sampai kebutuhan di bidang militer.”

Diimbuhkan juga olehnya bahw untuk soal harga, kemungkinan harga, untuk pasar Indonesia akan di kisaran harga varian Toyota Hilux terendah. Saat ini harga Toyota Hilux untuk varian terendah adalah Rp 281.900.000. Dengan spesifikasi mesin; 1TR-FE DOHC, 4 silinder, DOHC Dual VVT-I, dan berkapasitas 1.998 cc (bensin).

Baca juga: Tampilan Toyota Rangga ‘Versi’ Jepang

Baca juga: Evolusi Toyota Model Pikap Di Indonesia

Kabinnya hanya untuk dua orang