Darimana Asal Penyebutan Dump Truck?

Darimana Asal Penyebutan Dump Truck?
Kini beragam penyebutan tambahan karena detail spesifikasi
 

Menyebut dump truck pasti mudah membayangkan truk yang biasa tanah. Tidak salah, di berbagai belahan dunia jika menyebut nama itu akan menunjukan pada model truk yang serupa. Walaupun secara spesifik akan ada penyebutan lain yang lebih karena ada detail spesifikasi.

Tidak terlalu jelas sebenarnya dari mana istilah “Dump” itu bisa dipakai. Karena yang banyak pranala menyebutkan ide awal pemakaian kata yang bermakna harfiah membuang itu dari sebua wilayah pertanian di Eropa pada akhir abad ke-19.

Seiring waktu yang semasa, ada perusahaan bernama Thornycroft tahun 1896 di Inggris yang mengembangkan bak pada sebuah truk uap yang bisa dimiringkan dengan mekanisme tipper untuk memudahkan menurunkan muatan. Bisa jadi ini terinspirasi oleh paten yang dilansir oleh satu firma asal Indiana, Amerika Serikat, yang di tahun 1884 merilis desain serupa namun masih ditarik oleh kuda.

Sedangkan dump truk dengan mesin, pertama hadir di Amerika Serikat yang dikembangkan oleh perusahaan perkakas dan peralatan kecil seperti The Fruehauf Trailer Corporation, Galion Buggy Co. dan Lauth-Juergens sekitar tahun 1910. Sedangkan teknik mekanikal dengan menggunakan sistem hidraulis diperkenalkan oleh Wood Hoist Co., tak lama setelah itu.

Perusahaan-perusahaan tersebut berkembang terlebih saat Perang Dunia I meletus, di mana perusahaan seperti Fruehauf mendapatkan kontrak militer untuk memodifikasi kendaraan sebagai dukungan mobilisasi perang, untuk membuat kendaraan yang mampu memuat batu ataupun pasir dengan cepat.

Freuhauf menyempurnakan mekanikal hidraulis, untuk kemudian dipasang pada unit bikinannya dan hal itu sukses besar.

Catatan soal bentuk 'dump truck' tertua di dunia pada tahun 1884

Ini termasuk model basic, bisa disebut sebagau "dump truck" saja

 

Dump truck semakin berkembang ketika Perang Dunia II usai, di mana keberadaannya dianggap perlu untuk membangun infrastruktur seusai perang. Walaupun kemudian digunakan pada berbagai merk kendaraan dan truk, namun rancangan mekanikal hidraulis yang diwariskan oleh Fruehauf tetap digunakan, hingga dump truck modern.

 

Dalam bentuk modern, dump pada truk akan digerakkan untik bisa miring dengan lengan hidrolis yang modulnya ditopang sasis truk yang menggendongnya. Dan ketika bak dimiringkan ke arah belakang untuk mendorong muatan keluar dari bak. Pola ini secara umu dikenal sebagai jenis “High Lift Tailgate”.

Masih ada beberapa penyebutan lain atas dump truck yang sebenarnya lebih karena soal konfigurasi roda belakang, besarnya kapasitas angkut, sampai panjang truknya sendiri. Seperti Haul, Articulated Hauler, Roll-off, Transfer, maupun Truck and pup.

Baca juga: Duet Truk MAN TGS Terjun Medan Tambang

Baca juga: Siapa Motor Sights International Yang Bawa Truk Tiongkok Berlabel Shacman?

Ada yang menyebut jenis dump truck ini sebagai Heavy Hauler, ada juga yang menyebut sebagai Semi Trailer End Dump Truck

Haul truck, jadi nama lain dump truck untuk jenis seperti ini