Duet Truk MAN TGS Terjun Medan Tambang

Duet Truk MAN TGS Terjun Medan Tambang
Siap rilis model baru akhir 2023
 

Inframach pasang kuda-kuda setelah resmi ditunjuk MAN Truck & Bus menjadi distributor dealer 3S (sales, service & sparepart) di Indonesia. Salah satu langkah konkret yang diambil Inframach ialah mengikuti event Mining Indonesia 2023 beberapa waktu lalu sekaligus merilis produk terbaru dari seri truk MAN TGS. 

"Selama event Mining Indonesia 2023 lalu, kami menampilkan dua jenis truk MAN yaitu TGS 40.400 6x4 BB CH dan TGS 40.480 6x6 BB. Kami hadirkan sesuai dengan event-nya, karena kedua truk ini dipasarkan untuk segmen tambang," buka Adrian Pratama, selaku General Manager dari Inframach saat dihubungi langsung (19/9). 

Berasal dari DNA keluarga MAN TGS, nyaris tidak ada perbedaan berarti dari segi tampilan kedua truk berkelir putih ini. Hanya saja pengaplikasi truk MAN TGS 40.000 6x4 BB CH sudah dibuat lebih spesifik. "Untuk MAN TGS 40.400 6x4 BB CH adalah sasis 6x4 dengan tenaga 400 PS yang bisa digunakan untuk aplikasi dump truck. Sedangkan TGS 40.480 6x6 BB adalah sasis 6x6 dengan mesin bertenaga 480 PS yang bisa digunakan untuk aplikasi mining support truck, seperti fuel truck, water truck dan service truck," urai Adrian.

MAN TGS 40.400 6x4 BB CH merupakan sasis 6x4 untuk aplikasi dump truck (Momot)

Lebih lanjut Adrian berkilah jika lini truk MAN selain duet seri TGS sendiri ada beragam untuk pasar Tanah Air. "Di luar segmen tambang, kami juga menawarkan beberapa tractor head untuk segmen logistik," tandasnya lagi. Melihat pangsa pasar truk kelas berat yang terbuka luas, Inframach selaku mitra bisnis MAN berupaya terus mempersiapkan lini terkini bagi para mitra bisnisnya.

"Respon mitra bisnis selama pameran sangatlah positif. Ada customer existing MAN yang sudah menunggu launching generasi terbaru dari All-New TGS. Termasuk dari customer yang belum pernah memakai MAN sebelumnya dan tertarik setelah melihat unitnya. Namun, karena keterbatasan produksi truk pada tahun ini, beberapa demand baru bisa kami penuhi di awal tahun depan," urai Adrian.

Penasaran akan model truk baru yang disebut Adrian pun kasih bocoran. "Di akhir 2023 ini kami akan segera launching TGS 40.480 6x6 BB SA. Ini adalah tractor head 6x6 untuk memenuhi kebutuhan segmen logistik," bisiknya.  

Selain mempersiapkan unit truk existing dan model terbaru, Inframach juga digeber untuk menata layanan purnajual MAN. "Saat ini, kami sedang membangun 2 cabang 3S di Jababeka (Bekasi) dan juga di Samarinda. Kedua cabang tersebut akan mempunyai kapabilitas untuk melayani after sales, baik untuk periodical service sampai untuk truck refurbishment. Kedua cabang tersebut akan beroperasional di kuartal 1 pertama tahun 2024. Selain cabang 3S, kami juga mempunyai kantor pemasaran di Jakarta, Balikpapan, dan Surabaya. Cabang-cabang ini bisa melayani pembelian unit maupun suku cadang," tutupnya. 

Baca juga: Adu Gengsi Dua Model Baru Hino Terjun Ke Wilayah Tambang

Baca juga: Membedah Dua Jenis Truk Scania Spesialis Area Tambang