Desain Terbaru Kabin Mitsubishi Fuso Canter

Desain Terbaru Kabin Mitsubishi Fuso Canter
Pertama kali setelah 14 tahun, tapi kali ini baru untuk pasar Jepang
 

Mitsubishi Fuso Truck and Bus Corporation (MFTBC) pada pertengahan Februari ini memulai penjualan model Canter yang kabinnya telah direka ulang.

Bukan sekadar mendapatkan penyegaran, kabin baru ‘colt diesel’ itu juga mendapatkan sejumlah fitur yang juga baru sekaligus canggih. Tentu saja akan bisa meningkatkan performa serta kenyamanan bagi pengemudi lebih meningkat.

Bagaimana tidak, untuk akses keluar masuk kabin diberi kemudahan dengan pegangan tambahan di dasbor. Sekilas sederhana namun komponen tersebut akan semakin memudahkan proses keluar masuk kabin.

Kemudahan lain ada pada panel indikator yang kini serba digital dimana layarnya merupakan layar sentuh. Pada layar yang sama bisa mengakses layanan navigasi maupun peranti radio. Tetapi kalau mau lebih mudah bisa menggunakan tombol yang ada pada lingkar setir. Selain itu masih ada layar 10 inci yang dapat dimanfaatkan sebagai kaca spion dengan dibantu kamera pada buritan.

Desain kabin truk semakin dekat dengan karakter mobil penumpang

 

Bukan hanya pada kabin yang mendapatkan fitur baru. Pada eksterior juga ikut diberikan imbuhan baru. Ada lampu utama dengan spesifikasi LED yang ada kelengkapan daytime running light. Dan yang unik adalah fitur Intelligent Headlight Control, lampu bisa menjalankan fungsi hi beam maupun low beam berdasarkan deteksi sensor atas kondisi lalu lintas di depan truk medium ini.

 

Sementara pada lampu belakang, baik lampu rem maupun sien dijadikan satu dengan desain yang khas.

Sebuah kamera tambahan dipasang untuk memenuhi regulasi kendaraan komersial di Jepang. Posisinya ada di bagian belakang agar pengemudi bisa memantau lebih baik area belakang mobil saat mundur maupun manuver yag lain.

Pihak Mitsubishi nyata tidak menganggap peranti keselamatan di kendaraan kmersial hanya sekadar ada. Pada truk Canter ini tedapat "Active Side Guard Assist 1.0", peranti yang berfungsi saat truk bergerak ke kiri maupun ke kanan, rem diaktivasi sebagian sehingga laju truk bisa turun.

Ada lagi, "Active Side Guard Assist 5", sensor khusus akan memantau kondisi depan kendaraan agar rem bisa segera diaktivasi saat terjadi pengereman mendadak. Bahkan ada fitur "Active Attention Assist'' yang akan memanta terus kondisi sang pengemudi untuk tidak bermanuver maupun melaju di luar kewajaran.

Baca juga: GIICOMVEC 2024: Isuzu Sodorkan Konsep Serbaguna

Baca juga: Fuso eCanter Jadi Rilis Tahun Depan?

Lampu-lampu mobil komersial, bukan sekadar menyala

Lampu rem dan sein jadi satu, desain yang unik