Mitsubishi Fuso “Super Great” 2023, Identitas Fuso Black Belt

Mitsubishi Fuso “Super Great” 2023, Identitas Fuso Black Belt
Ubahan terakhir di tahun 2017
 

Dalam ajang Japan Mobility Show 2023 (26/10-5/11), menjadi momentum bagi Mitsubishi untuk memperkenalkan Super Great sebagai salah sandalan mereka di kelas heavy duty.

Haruki Hayashi, Executive Vice President and General Manager of Domestic Sales and Customer Service Division, Mitsubishi Fuso Truck and Bus Corporation, memberikan pernyataan resmi bahwa model terbaru ini mendapat banyak ubahan signifikan sejak terakhir tampil dengan versi 2017.

Hal yang paling nampak berbeda secara visual adalah disematkannya ``Fuso Black Belt'' di bagian de\pan sebagai identitas baru truk ini. Kemudian ada mesin baru berkode 6R30 dengan kapasitas 12.800 cc. Hayashi-san menambahkan, “Pengembangan konsep atas truk baru ini juga demi peningkatan nilai ekonomis dalam pengoperasiannya, soal keamanan saat dikendarai, kenyamanan, dan kemudahan operasional lainnya. Selain tentu saja mesin baru kami yakini sangat bertenaga dan juga hemat bahan bakar.”

Ditambahkannya lagi, soal kenyamanan dan keamanan berkendara di truk yang muncul pertama tahun 1996 ini mendapatkan perhatian serius. Ada fitur “Active Brake Assist 6: ABA6” yang bisa deteksi potensi pengereman mendadak serta mampu memperkirakan rentang jarak dengan kendaraan lain guna hindari benturan.

 

Kabin makin tinggi, usir hambatan aerodinamika

Ada juga fitur “Active Side Guard Assist 2.0” yang bisa memmerikan panduan buat pengemudi soal keberadaan pemakai jalan lain di sekitar truk saat manuver berbelok, terutama ketika berada di tikungan.

Kemudian, ada satu hal di sisi eksterior yang sekilas sekadar soal estetika, padahal perannya besar untuk meingkatkan nilai aerodinamika. Ya, untuk memenuhi standar kendaraan angkut berat hemat bahan bakar di Jepang, JH25, kabin Super Great terbaru ini lebih tinggi dibandingkan versi sebelumnya. Hal ini akan berguna untuk menekan hambatan angin pada gandengan, laju kendaraan lebih hemar konsumsi bahan bakarnya.

Baca juga: Rilis Truk Listrik eActros 600, Mercedes-Benz Berhenti Bikin Truk Diesel? 

Baca juga: Isuzu Giga Fuel Cell dan Elf EV Siap Menggebrak Japan Mobility Show 2023

Fuso Super Great 2023, lebih canggih, makin nyaman, hemat bahan bakar