Siapa Motor Sights International Yang Bawa Truk Tiongkok Berlabel Shacman?

Siapa Motor Sights International Yang Bawa Truk Tiongkok Berlabel Shacman?
Rajin ikut pameran tambang
 

Mining Indonesia 2023 resmi dibuka hari ini, 13-16 September 2023 di JI Expo Kemayoran Jakarta. Event ini menjadi wadah bagi para pelaku industri tambang dan mineral, termasuk dengan komponen pendukung semisal alat berat hingga truk dengan spesifikasi khusus. Salah satu pesertanya ialah PT Motor Sight International (MSI). 

Dari situs resmi id.motorsights.com diketahui PT MSI telah berdiri di Tanah Air sejak 2018. Mereka mengklaim menempatkan pasar Indonesia secara strategis, dengan fokus pada pengembangan lokal produk seri truk berat seperti dump truck, truk flatbed, dan lainnya untuk siap terjun di beragam medan tambang di Indonesia. Termasuk menyediakan berbagai aksesoris juga suku cadang seperti ban, oli untuk mendukung perawatan. 

Motor Sights International mendukung mitra utamanya Tsingshan Group (id.motorsights.com)

Mitra utama Motor Sights International saat ini ialah Tsingshan Group, produsen bijih nikel terbesar di dunia. Mereka menangani dua proyek utama yang berlokasi di Morawali dan Wedabay,Sulawesi Tengah, dimana Motor Sights International mendukung 95 persen dari total kendaraan operasional harian produk truk heavy-duty bermerek Shacman. 

Demi menunjukkan eksistensinya, PT Motor Sights International pertama kali ikut pameran di event Indonesia International Bus, Truck, and Component Exhibition (IIBT EXPO) yang berlangsung akhir Mei lalu juga di JI Expo Kemayoran Jakarta. Pada kesempatan tersebut mereka memajang Shacman F3000 Dump Truck 12 roda (8x4) dan F3000 10 roda (6x4). 

Mesin diesel Cummins berkode IMSE 420E 30

Model pertama yakni Shacman F3000 8x4 diyakini sebagai tulang punggung utama PT MSI saat ini. Meski namanya kurang dikenal, spesifikasi truk berat ini juga enggak kacangan. Jantungnya mengusung mesin diesel Cummins berkode IMSE 420E 30 berkapasitas 10.800cc 6 silinder inline yang merilis tenaga 420 hp dan torsi sebesar 1.500 Nm mulai putaran 1.900 rpm. Tidak hanya mesin 'badak', Shacman F3000 8x4 memperlengkapi kabin dengan suspensi hidraulik empat titik yang ditopang batang penstabil bagian belakang untuk pengendaraan yang lebih nyaman. 

Bagi yang penasaran dengan produk truk Shacman F3000 ini bisa datang langsung booth PT MSI area Outdoor B3 di event Mining Indonesia 2023.  Di event tersebut mereka mendisplay Shacman seri X3000 8x4 AMT, F3000 6x4, L3000 4x2 Head Truck, H3000S 6x4 Head Truck. Rentetan keikutsertaan ini menunjukan keseriusan PT MSI dalam membawa brand Motor Sights sebagai angin segar bagi dunia bisnis khususnya industri pertambangan dan alat berat. 

Baca juga: Adu Gengsi Dua Model Baru Hino Terjun Ke Wilayah Tambang

Baca juga: Delima Jaya Ubah Truk FAW FD290TH 6x4 Jadi Bus Tambang di Morowali