Tesla Cybertruck Segera Dikirim, Banderolnya Masih Labil?

Tesla Cybertruck Segera Dikirim, Banderolnya Masih Labil?
Dimulai akhir November 2023
 

Menyusul cuitan Tesla di akun X (sebelumnya Twitter), Tesla Cybertruck bakal segera dikirim ke konsumen. Hal ini bertepatan dengan dirilisnya pendapatan perusahaan pada kuartal ketiga hari ini (19/10). Rencana pengiriman perdana pikap listrik Cybertruck akan diwarnai seremoni khusus di markas Tesla yakni Gigafactory yang berlokasi di Austin, Texas pada 30 November mendatang.

Sejak pertama kali membuka kran pemesanan, para konsumen Tesla Cybertruck harus sabar menunggu selama 4 tahun. Kepala eksekutif Tesla Elon Musk sebelumnya mengatakan pada bulan April bahwa pengiriman Cybertruck akan dimulai pada Q3 tetapi sayangnya meleset. Namun demikian, jutaan orang yang dilaporkan telah memesan Cybertruck akan senang mengetahui bahwa ini akhirnya menjadi kenyataan produksi.

Laporan keuangan Tesla menyatakan bahwa Cybertruck saat ini sedang dalam produksi percontohan dan memiliki kapasitas untuk membangun 125,000 unit di Texas Gigafactory. Musk menambahkan bahwa dia berharap Tesla pada akhirnya mampu membangun hingga 250.000 Cybertrucks per tahun, meski kemungkinan besar baru akan mencapai angka tersebut pada tahun 2025.

Walaupun pengiriman Cybertruck hanya tinggal enam minggu lagi, Tesla belum menyebutkan berapa harga pasti Cybertruck. Padahal ketika pertama kali diumumkan pada akhir tahun 2019, Tesla mengatakan akan menjualnya mulai dari 39.900 dolar AS atau sekitar Rp 631 jutaan, dan varian kelas menengah dibanderol seharga mulai 49.900 dolar AS atau setara Rp 789 jutaan. 

Hal yang mengejutkan banderol Cybertruck kini tidak dipublikasi resmi oleh Tesla

Sementara untuk model pamungkas yakni Cybertruck tri-motor dijual seharga 69.900 dolar AS atau di kisaran Rp 1,1 miliar. Yang mengejutkan angka-angka harga ini menghilang dari situs web Tesla pada tahun 2021 dan sejak itu tidak disebutkan lagi mengenai harga. Termasuk spesifikasi produksi Cybertruck juga masih menjadi misteri.

Saat berbicara dengan para analis dan investor, Musk menambahkan bahwa dibutuhkan waktu hingga 18 bulan sebelum Cybertruck menjadi kontributor arus kas positif bagi perusahaan. “Saya hanya ingin mengurangi ekspektasi terhadap Cybertruck,” kata Musk. 

“Ini adalah produk yang hebat, namun secara finansial, dibutuhkan waktu satu tahun hingga 18 bulan sebelum dapat memberikan kontribusi arus kas positif yang signifikan. Saya berharap ada cara untuk menjadi berbeda tetapi itu hanya tebakan terbaik saya. Jadi saya hanya ingin menekankan bahwa, Cybertruck berpotensi menjadi produk terbaik kami… [tetapi] akan memerlukan kerja keras untuk mencapai produksi bernilai dan menghasilkan arus kas positif dengan harga yang terjangkau oleh masyarakat" tandas Musk.

Baca juga: Inilah Israel Punya Gaya

Baca juga: Western Star, Truk Jagoan Di Tembagapura