Inilah Israel Punya Gaya

Inilah Israel Punya Gaya
Negara produsen spesialis kendaraan tempur
 

Bisa jadi karena Israel memang banyak diincar oleh banyak negara di sekitarnya maka tak heran kalau sampai industri kendaraan bermotornya berunsur militer. Salah satunya adalah Plasan Sasa, didirkan di tahun 1985.

Sejak awal pendirian Plasan, memang dooksenterasikan untuk mengembangkan, memproduksi, dan merakit sistem pelindung kendaraan yang dibuat khusus dan desain pelindung sasis. Termasuk juga mendesain bodi anti peluru. Plasan sendiri adalah perusahaan non-publik dan dimiliki sepenuhnya oleh Kibbutz Sasa, sebuah desa komunal dengan keanggotaan sekitar 100 keluarga di Israel bagian utara.

Biarpun seperti dimiliki sebuah ‘badan usaha desa’ namun perusahaan ini punya karyawan ribuan orang, yang tersebar di Israel, Perancis, serta Amerika Serikat. Memang tidak semua produk Plasan berupa kendaraan utuh, banyak juga menghasilkan komponen tambahan untuk pelindung bodi, kabin tembak tambahan, dan sejenisnya yang berkarakter militer.

Ada beberapa produk kendaraan utuh yang memang diproduksi oleh Plasan. Seperti SandCat , kendaraan lapis baja komposit yang muncuk perdana tahun 2005. Pada model terbaru ditampilkan untuk pertama kalinya di Eurosatory 2018 dan masih terlihat sampai saat ini didasarkan pada sasis Ford F-Series.

Sekitar 700 SandCat telah diproduksi sejak 2004, dan meskipun Plasan tidak pernah merilis detail lengkapnya, SandCat diketahui beroperasi dengan setidaknya 16 negara. Mulai dari penggunaan sebagai kendaraan patrol sampai kendaraan tempur. 

Lalu ada juga M1224 MaxxPro yang basinya dari truk International seri 7000. Ini merupakan kendaraan dengan spesifikasi Mine Resistant Ambush Protected (MRAP) alias pantas untuk kegiatan infanteri. Ada fitur V-Hull yang bisa membelokkan ledakan ranjau darat atau alat peledak lainnya menjauh dari kendaraan.

Kendaraan tempur serbaguna yang bisa membuang granat disekitarnya

Kendaraan ini dirancang dengan mempertimbangkan kesiapan operasional dan menggunakan suku cadang standar yang mudah didapat, untuk memastikan perbaikan dan perawatan yang cepat. Maka lapisan bajanya dibaut, bukan dilas, seperti pada MRAP lainnya. Ini memfasilitasi opsi kecepatan perbaikan di lapangan di saat yang genting.

Satu lagi, MXT-MV, karya Navistar Defense, yang sebenarnya merupakan industri patungan antara Israel dan Amerika Serikat. MXT-MV merupakan kendaraan yang muncuk pertama tahun 2005. Sejak mula memang diperuntukkan untuk kendaraan yang bisa melakukan patroli di wilayah yang konflik.

MXT-MV, mobil patroli daerah konflik