Debut Keroyokan Mercedes-Benz V-Class 2024, EQV, Vito, dan eVito Facelift

Debut Keroyokan Mercedes-Benz V-Class 2024, EQV, Vito, dan eVito Facelift
Van Mercy semakin bersolek
 

Gebrakan dilakukan Mercedes-Benz dengan melakukan debut empat unit kendaraan sekaligus meliputi Mercedes-Benz V-Class 2024, EQV, Vito, dan eVito facelift. 
 
Ini adalah langkah maju yang dilakukan pebrikan Bavarian tersebut untuk menyegarkan Van versi penumpang dan komersialnya yang terbagi masing-masing dengan mesin bakar konvensional (ICE) atau berjantung listrik sepenuhnya. Di sisi kendaraan penumpang, ada facelift Mercedes-Benz EQV, V-Class dan V-Class Marco Polo camper, sementara untuk segmen kendaraan komersial ringan (LCV) hadir Vito dan eVito baru.

Semua van tersebut berbasis model W447 generasi ketiga yang terakhir mendapat pembaruan tahun 2019. Mercy sendiri mengklaim jika penyegaran ini menjadi langkah perantara sebelum mereka mengeluarkan platform VAN.EA (Van Electric Architecture) yang akan diadaptasi mulai tahun 2026 dan seterusnya.

Sebagai bagian dari facelift, semua van tersebut mendapatkan bumper depan yang didesain ulang dengan gril yang jauh lebih besar dan desain intake baru yang dinamis. Adapun bentuk grilnya berbeda tergantung pada model dan trim yang dipilih, dengan EQV ditawarkan dalam varian Avantgarde Line, sedangkan V-Class tersedia dalam empat varian: entry-level, Style, Avantgarde dan Exclusive, sementara AMG Line dan Night Package jadi paket add-on pilihan.

V-Class Marco Polo ditujukan bagi mereka yang hobi melakukan aktivitas outdoor dengan upgrade fungsi dan kenyamanan disesuaikan ala van kemping. Untuk pebisnis, Vito dan eVito, hadir dalam versi Tourer, panel van, dan Mixto, memiliki tiga trim yakni Base, Pro, dan Select.

Mercedes-Benz juga menunjukkan bahwa gril radiator EQV, V-Class, dan V-Class Marco Polo dapat diterangi oleh lampu LED. V-Class Exclusive juga mendapat emblem bintang Mercedes tegak di kap mesin untuk pertama kalinya, seperti pada mobil penumpangnya. Lampu depan LED Adaptive Multibeam juga tersedia sebagai standar atau sebagai opsi, sedangkan lampu belakang belakang dikemas model smoked.

Konsumen yang berminat juga bisa memilih beberapa desain roda mulai ukuran 17 hingga 19 inci, bersama dengan lima warna eksterior baru.

Menjaga misi membuat van ukuran menengahnya semakin menarik bagi pelanggan, perubahan turut berlanjut pada upgrade desain interior yang menampilkan dasbor baru. Ditambah ventilasi udara dan switchgear yang lebih modern, membawa kabin ke tingkat yang setara dengan mobil penumpang Mercedes-Benz saat ini.

Untuk pertama kalinya, EQV, V-Class dan V-Class Marco Polo kini hadir dengan dua layar 12,3 inci – satu sebagai speedometer dan satu lagi sebagai layar sentuh untuk sistem infotainment. Vito dan eVito LCV juga terlihat makin jemawa dibanding model sebelumnya mengadopsi layar sentuh tengah ukuran 10,25 inci dan layar warna 5,5 inci di instrumen binnacle.

Layar ini diotaki Mercedes-Benz User Experience (MBUX) baru, dengan sistem fresh yang diklaim pertama diterapkan untuk mobil komersial. Fungsi seperti asisten suara digital, konektivitas layanan, pembaruan software, dan upgrade navigasi.

Beragam fitur baru juga telah ditambahkan, meski beberapa di antaranya bersifat opsional. Sebut saja wireless charging, engine start, setir berpemanas, ambient light 64 warna, pintu geser di sisi kiri kendaraan (kini jadi kelengkapan standar), power back door, dan rem parkir elektronik.

Sistem keselamatan berkendara kian lengkap, dengan EQV, V-Class dan V-Class Marco Polo dilengkapi dengan Attention Assist, Headlamp Assist termasuk sensor hujan, Active Distance Assist Distronic, Active Brake Assist dengan fungsi cross-traffic, Blind Spot Assist, Active Lane Keeping Assist, Intelligent Speed Assist, dan Park Package.

Vito dan eVito mendapatkan sistem yang hampir sama, tetapi tanpa Active Distance Assist Distronic dan Park Package diganti dengan kamera mundur biasa. Mercedes-Benz tidak menyebutkan perubahan apapun pada powertrains, jadi nampaknya pilihan tetap seperti model sebelumnya. 

EQV dan eVito mendapatkan motor listrik yang dipasang di depan dengan tenaga 204 PS dan torsi 362 Nm, dengan yang pertama tersedia dengan baterai 60-kWh di EQV250 atau baterai 90-kWh di EQV300. Sedangkan line-up ICE merupakan variasi mesin turbodiesel 1,600 cc, 1,700, 2,000, dan 2,200.

Baca juga : Mercedes-Benz Metris Kembarannya Vito?

Baca juga : Inilah Lima Blind Van Terlaris Di Indonesia