Truk Mitsubishi Fuso Terbaru Makin Futuristik

Truk Mitsubishi Fuso Terbaru Makin Futuristik
Siap tampil di Japan Mobility Show 2023
 

Generasi baru truk Mitsubishi Fuso Heavy-Duty akan debut perdana di Japan Mobility Show (JMS) 2023. Mitsubishi Fuso di bawah naungan Daimler siap memperkenalkan prototipe truk Super Great heavy-duty baru pada pembukaan JMS 2023 tanggal 25 Oktober 2023 di Tokyo, Jepang. 

Langkah yang dilakukan Mitsubishi Fuso sama halnya pabrikan mobil lain dimulai dengan mengkampanyekan gambar teaser, dengan mengungkap sedikit siluet dari desain futuristik Fuso model depan. Mitsubishi Fuso Super Great diperkenalkan pada tahun 1996 sebagai model pamungkas dari Fuso. 

Generasi saat ini memulai debutnya pada tahun 2017 dan sudah mengalami upgrade dengan penambahan fitur keselamatan pintar ADAS Level 2 pada tahun 2021. Meskipun gambarnya sengaja dibuat gelap, truk Heavy-Duty baru ini terlihat sangat berbeda dibanding gaya pendahulunya.

Teaser tersebut memperlihatkan pasokan headlamp yang bermodel LED yang lebih ramping dan ditempatkan lebih rendah serta desain gril yang lebih bersih menutupi seluruh lebar kabin. Tulisan Fuso menyatu dengan trim hitam dengan lambang Mitsubishi ditempatkan pada bagian atasnya. 

Peningkatan aerodinamis turut fokus pada desain ulang bagian atap

Sementara itu, menilik seksama bagian kaca depan dan kaca spion asimetris terlihat hampir identik dengan Super Great sebelumnya, sedangkan peningkatan aerodinamis pada atap nampak didesain ulang dan lebih terintegrasi dengan bodi lainnya.

Belum ada detail mengenai jantung penggeraknya, namun berkaca pada model yang ada saat ini di Jepang sudah didukung mesin 6S10 berpakasitas 7.700cc. Mesin besar ini mampu merilis tenaga 376 hp, atau pilihan mesin 6R20 berkapasitas 10.700cc yang menghasilkan 454 hp. Kedua mesin berkonfigurasi enam silinder segaris dilengkapi turbocharger dan intercooler, di samping sistem Stop&Start.

Awal tahun ini diumumkan bahwa Truk Mitsubishi Fuso di bawah naungan Daimler akan bergabung dengan Hino Motors milik Toyota. Kedua perusahaan tersebut menyatukan upaya mereka dalam pengembangan, pengadaan, dan produksi kendaraan komersial yang lebih komprehensif. Kesepakatan tersebut akan diselesaikan pada akhir tahun 2024, meski nama dan struktur perusahaan dari entitas baru tersebut akan diumumkan mendekati waktu tersebut.

Baca juga : Anti Libur, Fuso Buka Bengkel Siaga 24 Jam di Sidoarjo

Baca juga : Ini Spesifikasi Mitsubishi Fuso eCanter Terbaru Untuk GIIAS 2023