Selain Rangga, Toyota Hadirkan Van Berkonsep Liar, Aneh, dan Futuristik

Selain Rangga, Toyota Hadirkan Van Berkonsep Liar, Aneh, dan Futuristik
Bikinan Toyota Auto Body
 

Menjelang perhelatan Japan Mobility 2023, Toyota kembali memberikan beragam kejutan. Setelah mengonfirmasi siap menghadirkan Toyota Rangga, mereka juga akan memboyong 4 van konsep terdiri dari model full elektrik, MPV mewah serta sebuah van klasik yang sudah direstorasi.

Adapun prototipe van ini dibuat oleh anak perusahaan mereka yakni, Toyota Auto Body, yang memang spesialisasi dalam urusan pembuatan van. Pertama ada Toyota Hiace BEV Global Concept. Kendaraan ini aka dipamerkan untuk pertama kalinya dan hadir seiring fokus Toyota pada kendaraan listrik. Meski sayangnya beberapa detail masih dirahasiakan, seperti tenaga dan jangkauan, sehingga diproyeksi model ini akan menjadi kendaraan pengiriman di masa depan.

Hiace BEV Global Concept hanya dilengkapi dengan satu kursi, dengan ruang yang ada fokus pada jasa kargo. Artinya, ia mampu menampung benda hingga sepanjang 3,5 meter. Lantainya juga benar-benar rata, serta gerobak khusus untuk memudahkan bongkar muat. Dengan radius putar 5,5 meter dan fitur-fitur yang terhubung untuk membantu pengemudi menemukan tujuan berikutnya, van ini akan menjadi van pengantar yang berguna di kota-kota besar maupun kecil.

 

Vellfire Spacious Lounge Concept menanggalkan jok baris ketiga jadi lebih leluasa dimodifikasi kabinnya

Selanjutnya ada Toyota Vellfire Spacious Lounge Concept. Toyota Auto Body siap merilis Vellfire Spacious Lounge Concept dengan fokus upgrade pada interior. Model ini menghilangkan kursi baris ketiga, dan menggeser baris kedua ke belakang untuk mengubah fungsinya dari mobil pengangkut keluarga menjadi limusin mewah untuk keperluan bisnis.

Berkat layout tempat duduk yang baru, konsep ini memberikan ruang kaki ekstra bagi penumpang baris kedua hingga 500 mm. Reorientasi ini juga memberikan ruang untuk fungsi lain, termasuk menghadirkan kompartemen penyimpanan tas, lemari es, dan rak mantel di belakang sehingga para profesional yang sibuk dapat menggantung jaket mereka tanpa takut kusut.

X-Van Gear Concept juga bakal lahir dan terlihat seperti FJ Cruiser versi aneh. Betul jika Toyota Auto Body melihat model ini sebagai kategori kendaraan baru yang menawarkan kelapangan sebuah van sekaligus menganut desain kotak ala SUV. X-Van Gear memiliki pintu geser depan dan belakang, dan tidak ada pilar B untuk membantu membukanya selebar mungkin. 

Masuk ke kabin, Anda akan menemukan tempat duduk besar seperti sofa, menjadikannya kendaraan yang ideal untuk nongkrong di lokasi perkemahan. Saat makan malam, kursi penumpang depan bisa diputar, dan kursi baris tengah bisa dilipat membentuk meja. Model terakhir ialah restorasi Hiace 1967. 

Toyota Auto Body menghadirkan van Hiace tahun 1967 yang direstorasi untuk membuktikan bahwa konsep van berwawasan masa depan masih terhubung dengan masa lalu. Memaksimalkan van di era dimana ruang kendaraan niaga didominasi oleh truk, menunjukkan bahwa van Toyota cukup fleksibel dalam melayani kebutuhan baik orang maupun paket. Kita nantikan kehadiran langsung mobil ini di Japan Mobility Show 2023 mulai 13 Oktober hingga 11 November di Tokyo.

Baca juga: DFSK Gelora E VIP Luxury, Van Listrik Termewah?

Baca juga: Daihatsu Atrai, Akan Dirilis Sebagai Mobil Listrik?