Bio Lab Bus Level 2 BPPT Langsung Diajak Roadshow Jawa-Bali

15 January 2021
ILM
 
Saat ini, Mobile Lab BSL-2 ditempatkan di Plasa Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno Hatta.
 

Penyebaran virus corona yang mengkhawatirkan di Indonesia membuat Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) bergerak cepat dengan membangun bio lab bus level 2 (BSL-2). Bus ini pun langsung roadshow ke beberapa kota di Jawa dan Bali.

Dijelaskan oleh Kepala BPPT, Hammam Riza, Mobile Lab BSL-2 varian bus ini merupakan pengembangan dari versi sebelumnya yang berupa trailer. Roadshow Mobile Lab BSL-2 dilakukan di Jakarta, Yogyakarta, Denpasar dan Jombang beberapa waktu lalu.

Dalam kegiatan yang merupakan bagian dari Bakti Inovasi Indonesia ini BPPT juga bekerjasama dengan pihak UGM, Dinas Kesehatan Denpasar - Bali, dan Pondok Pesantren Darul Ulum Jombang - Jawa Timur.

Saat ini, Mobile Lab BSL-2 ditempatkan di Plasa Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno Hatta. "Mobile lab varian bus ini baru dioperasikan di sini (Bandara Soekarno-Hatta)," papar Hammam.

Dilanjutkannya, sebagaimana dengan varian sebelumnya, Mobile Lab BSL-2 varian bus ini dibangun bersama dengan mitra industri dengan mengikuti standar WHO dan Kementerian Kesehatan untuk pembangunan laboratorium pengujian PCR Covid-19, serta telah diverifikasi oleh Asosiasi Biorisiko Indonesia.

“Kerja sama Ini semua dilakukan untuk memperkuat kerangka sinergi multihelix dalam mewujudkan ekosistem riset, inovasi dan industrialisasi di Indonesia,” ujarnya.

 

Bagikan

 
 

Berita Terbaru

 

Berita Terkait