Diresmikan Menteri Perindustrian, Teknologi Terkini Mobil Komersial Juga Dipamerkan Di GIIAS 2021

11 November 2021
Benny Averdi
 
GIIAS menjadi simbol semangat industri otomotif indonesia dalam mengatasi pandemi.
 

GIIAS 2021, baru saja dilaksanakan hari ini, Kamis (11/11). Ajang ini telah resmi dibuka oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia, Airlangga Hartarto di Nusantara Hall, Indonesia Convention Exhibition (ICE), BSD City, Kabupaten Tangerang. Menteri Koordinator Bidang Perekonomian didampingi oleh Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita.

“GIIAS akan menjadi simbol semangat industri otomotif Indonesia dalam mengatasi pandemi. Sebuah tonggak positif bagi pertumbuhan industri otomotif bangsa Indonesia, GIIAS merupakan kebanggaan bangsa dan mencerminkan upaya GAIKINDO untuk terus mendorong kemajuan industri otomotif Indonesia,” ucap Ketua Umum GAIKINDO, Yohannes Nangoi.

Yohannes Nangoi juga menyebutkan pencapaian yang dicatat Industri otomotif Indonesia, meski dalam masa pandemi akibat Covid-19.

Pertama adalah bahwa Indonesia sudah swasembada kendaraan bermotor. Kedua, kendaraan-kendaraan yang mendapatkan kebijakan PPnBM DTP adalah kendaraan dengan Local Purchase lebih dari 60 persen.

Lantas, pencapaian lainnya, yaitu pada periode Januari–Oktober 2021, tercatat kenaikan penjualan domestik hingga 68 persen dibandingkan dengan periode yang sama di tahun lalu.

“Sebagai lokomotif industri, pulihnya industri otomotif akan juga membangkitkan kegiatan industri pendukung yang menyerap banyak tenaga kerja,” jelas Nangoi.

Hino R260 Light Weight Body

Dengan tema ‘Wheels to Move’ menyiratkan bahwa industri otomotif di Indonesia akan terus bergerak maju bersama GAIKINDO. Bersama gelaran GIIAS, teknologi dan produk terbaru di bidang otomotif akan dihadirkan.

Pada sektor kendaraan komersial, terdapat booth Isuzu dengan Isuzu Traga Blind Van dan peluncuran Isuzu D-Max dengan mesin baru berteknologi Blue Power 1.900 cc. Begitu pula Hino yang memperkenalkan bus Hino R260 dengan bodi aluminium, bekerja sama dengan karoseri Tentrem.

Sementara Fuso, memperkenalkan Fuso Fighter untuk pertambangan yang dilengkapi dengan PTO, Radiator Guard dan lampu rotator. Sasis bus asal Eropa, diwakili oleh Scania yang menampilkan sasis Scania K410IB 6x2. Tidak hanya dari Agen Pemegang Merek, ada juga truk pemadam kebakaran dari Ayaxx, berbasis truk Iveco.

GIIAS 2021 akan dilaksanakan mulai 11 hingga 21 November, bagi yang ingin mengunjungi pameran ini, pembelian tiket masuk hanya bisa didapatkan secara online melalui aplikasi GIIAS Auto 360.

 

Bagikan

 
 

Berita Terbaru

 

Berita Terkait