Ford F-150 Lightning Diuji Menarik Beban Hampir 5 Ton Di Suhu Rendah Maupun Panas

20 March 2022
Benny Averdi
 
Guna menguji dan membuktikan kekuatan pikap listriknya, Ford mencoba menarik beban berat di kondisi ekstrem
 

Untuk membuktikan bahwa F-150 Lightning all-electric bisa menarik segala sesuatu yang ingin diangkut oleh penggunanya, Ford menguji pikap itu pada dua medan terberat di Amerika.

Upaya pertama, seperti dilansir dari Carscoops, pada bulan Februari, di TFLtruck Ike Gauntlet, melaui jalan sepanjang 13 km di Colorado, yang menanjak dengan kemiringan tujuh persen ke ketinggian maksimum 11.158 kaki di atas permukaan laut, di sekitar Terowongan Memorial Eisenhower.

Uji di ketinggian ini menjadi salah satu hal yang diperhatikan pada kendaraan listrik, meski kenyataannya tipisnya oksigen di atas gunung tak ada pengaruhnya terhadap performa motor listrik. Di sana suhunya -18°C, disertai angin dingin. Tetapi ternyata suhu ini mempengaruhi kinerja baterai.

Di sisi lain, Ford memutuskan untuk membawa F-150 Lightning ke Davis Dam, yang melintasi perbatasan antara Arizona dan Nevada. Terletak antara Las Vegas dan Bendungan Hoover di State Route 68, jalan naik dari 550 ke 3.500 kaki di atas permukaan laut, hanya berjarak 18,3 km. Selama pengujian, suhu meningkat di atas 48°C.

Dalam kedua pengujian itu, pikap listrik itu diberi beban trailer 4.536 kg (10.000 pounds). Kedua rute ini biasanya membuat mesin konvensional kepayahan, namun pikap listrik itu tak mengalami kendala sama sekali.

Ford mengatakan tes tersebut hanyalah dua contoh dari ratusan jam evaluasi ketat yang dilakukan pada F-150 Lightning, sebelum dipasarkan ke konsumen. Tetapi, konsumen nantinya dapat mengujinya sendiri, setelah F-150 Lightning ini dipasarkan pada musim semi mendatang.

 

Bagikan

 
 

Berita Terbaru

 

Berita Terkait