Goodyear Perkenalkan S501, Ban Radial Yang Dapat Mendukung Zero ODOL

17 March 2022
Benny Averdi
 
Ban yang ditargetkan kepada konsumen Light Truck ini, menawarkan penggunaan yang disesuaikan dengan kondisi yang ada di Indonesia saat ini.
 

Pencanangan Zero ODOL pada tahun 2023 oleh pemerintah, direspons positif oleh berbagai pihak. Termasuk produsen ban yang tentunya berperan penting dalam keberlangsungan sektor angkutan darat di Indonesia.

PT Goodyear Indonesia, memperkenalkan kembali produknya pada media gathering secara online hari ini, Kamis (17/3).

“Goodyear S501, merupakan salah satu upaya ‘radialisasi’ pada ban di sektor komersial Indonesia, teknologi tersebut membuat ban menjadi lebih awet dan memiliki jarak tempuh yang lebih lama,” ujar Iman SantosoIman Santoso, Commercial Director, Goodyear Indonesia. Ia menjelaskan, S501 sudah disesuaikan dengan kondisi jalan yang ada di Indonesia.

Hal serupa juga ditanggapi oleh Andry Wahyu, Central Area Manager Goodyear Indonesia. “Saat ini Indonesia memiliki target pembangunan jalan tol baru sejauh 2.700 km di tahun 2024, yang terbagi 1.600 km di Sumatra, Jawa dengan tambahan 1000 km, serta di Kalimantan 41 km dan Sulawesi 43 km,” ujarnya.  

Dengan fakta yang ada tersebut, Goodyear membuat ban yang sesuai dengan kondisi di Indonesia. “Goodyear telah 100 tahun di Indonesia, tetapi jika akan membuat ban, perlu data yang jelas terlebih dulu, karena datanya sekarang sudah jelas, maka Goodyear membuat ban yang disesuaikan dengan kondisi yang ada,” lanjutnya.

Tentunya, pembuatan ban ini juga harus menjembatani kebutuhan konsumen dan regulasi dari pemerintah. “Ban ini memiliki daya tahan yang cukup kuat, serta dapat mendukung kebutuhan konsumen yang membutuhkan waktu yang singkat, jadi ban ini bisa digunakan untuk transportasi yang cepat dan juga sanggup membawa beban yang sesuai anjuran,” kata Andry.

Karenanya, ban ini juga mendukung program Zero ODOL dari pemerintah, sehingga pengguna harus tahu batasan beban maksimum pada ban ini. “Ban radial, dirancang untuk mengangkut beban yang ideal, sehingga tak terjadi ODOL,” ujarnya.

Saat ini, Goodyear S501 dipasarkan untuk truk ringan (3/4 ton) dengan ukuran 7.50-R16, 8.25 R 16, 7.00R16. “Tetapi ukuran 7.00-R15 yang cukup banyak dipakai juga ada,” terang Nova Siregar, Commercial Product Manager, Goodyear Indonesia.

 

Bagikan

 
 

Berita Terbaru

 

Berita Terkait