Ini Yang Terjadi Bila Truk Ford F-450 Dikawinkan Dengan Tesla

11 May 2020
Suryo S
 
Ford EV ini masih mengandalkan transfercase bawaan kendaraan untuk pilihan penggerak 4x2 atau 4x4
 

Kemunculan pikap-pikap listrik yang rencananya akan mengaspal dalam waktu dekat ini menjadi pemicu kemunculan ide-ide kreatif, salah satunya melakukan konversi dari mesin bakar ke full eletrik.

Seperti yang dilakukan oleh salah satu penggila EV, yang dijuluki Greg Goes Electric yang merelakan Ford F-450 4x4 miliknya untuk dijadikan sebuah pikap yang sepenuhnya berpenggerak tenaga setrum.

Mesin diesel Powerstroke pun rela dicabut dari posisinya dan digantikan oleh motor listrik lucutan Tesla yang diperkirakan merupakan Model S generasi awal. Tak hanya motor listrik saja, namun Greg mencangkokkan juga 16 modul baterai yang juga dicomot dari Tesla.

Baterai ini disusun ulang dan ditempatkan di pada dua lokasi yang berbeda yakni, dalam ruang mesin (di atas motor listrik) dan di antara sasis di belakang kabinnya. Baterai-baterai ini diletakkan dalam kotak besi yang selalu dijaga temperaturnya.

Untuk menjalankannya cukup memencet tombol pada layar digital, selain itu truk ini masih menyertakan tranfercase bawaan aslinya yang disambungkan langsung dengan motor listrik. Dengan demikian pikap ini punya opsi penggerak 2 roda ataupun 4 roda.

Dibanding dengan bobot orisinalnya yang menggunakan mesin V10 diesel, truk ini lebih ringan 45,4 kg.

Pengisian baterai, dilakukan dengan menggunakan charging port yang juga diambil dari Tesla.

Sayangnya tidak diketahui berapa jarak tempuh dan performa yang dihasilkan pada truk tersebut. Namun dipastikan truk ini jadi lebih senyap, torsi optimalnya dapat dikail pada putaran yang sangat rendah dan tentunya ramah lingkungan.

 

 

Bagikan

 
 

Berita Terbaru

 

Berita Terkait