Jenis Dan Kemampuan Ban Ditentukan Oleh Bahan Ini

Jenis Dan Kemampuan Ban Ditentukan Oleh Bahan Ini
Ban terbentuk dari paduan beberapa komposisi compound, untuk menentukan daya cengkram dan fungsi lainnya.
 

Setiap pabrik ban, menggunakan bahan khusus untuk menentukan Rubber Compound atau biasa disebut compound untuk membedakan jenis ban yang diproduksinya.

Compound ini terbuat dari karet alam ataupun karet sintetis yang dicampur dengan berbagai bahan kimia, semisal karbon hitam, belerang, minyak dan lainnya. Dari situlah komposisi ban dengan tingkat kekenyalan yang diinginkan diracik” tutur Zulpata Zainal, On Vehicle Test  PT Gajah Tunggal Tbk.

Pada dasarnya ban dibentuk dari paduan beberapa komposisi lapisan compound. Komposisi untuk lapisan dinding bahannya beda dengan bagian telapak ataupun lapisan dalam ban. Racikan komposisi inilah yang kemudian diatur dan dipadukan untuk mendapatkan produk yang sesuai dengan yang dibutuhkan.

“Komposisi pada ban untuk performa tidak akan sama dengan racikan komposisi pada ban untuk kendaraan niaga. Semisal, untuk kendaraan niaga dibutuhkan racikan yang mempunyai hambatan gulir rendah atau rolling resistance coefficient (RRC) yang lebih menargetkan pada penghematan bahan bakar,” tutupnya.