Karena Pandemi Corona Kebijakan Emisi Euro 4 Ditunda

04 July 2020
ILM
 
Karena corona, ada penundaan penerapan standar emisi Euro 4. Di mana regulasi yang harusnya dirilis 2021, kini ditunda hingga 2022.
 

Salah satu efek yang disebabkan oleh pandemi corona adalah tertundanya peraturan yang akan dikeluarkan pemerintah. Salah satunya mengenai penerapan standar emisi Euro 4. Di mana regulasi yang harusnya dirilis 2021, kini ditunda hingga 2022.

"Jadi kami sudah mendapatkan informasi dari GAIKINDO bahwa mereka menerima surat dari Kementerian Lingkungan Hidup yang menyatakan bahwa implementasi Euro 4 untuk kendaraan diesel itu ditunda sampai dengan April 2022," jelas  Attias Asril, General Manager Marketing PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI).

Menurutnya, penundaaan satu tahun tersebut karena mendengarkan berbagai macam pertimbangan juga, termasuk audiensi dengan Gaikindo. Seperti dalam situasi seperti saat ini, banyak pembatasan-pembatasan aktivitas sehingga persiapan menuju Euro 4 itu juga terhambat.

Hal ini membuat pabrikan menunda peluncuran model baru mereka dengan standar emisi tersebut hingga April 2022. Seperti diakui pihak Isuzu di mana sederet varian baru, termasuk unit beremisi Euro 4 mengalami penundaan peluncuran.

"Sudah pasti rencana peluncuran varian baru itu akan berubah jadwalnya. Paling terasa tentunya implementasi Euro 4 juga ditunda satu tahun dan itu juga berdampak kepada kita. Karena varian baru sudah ikut regulasi Euro 4. Jadi peluncuran produk baru sudah pasti kita tunda," urainya.

 

Bagikan

 
 

Berita Terbaru

 

Berita Terkait