Menhub Lakukan Inspeksi Ke Terminal Kampung Rambutan Untuk Kelaikan Transportasi Mudik

18 April 2022
Benny Averdi
 
“Saya minta armada bus sudah dilakukan ramp check dan pengemudinya juga sudah diperiksa kesehatannya. Keduanya mesti sehat,” jelas Menhub.
 

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, melakukan inspeksi ke Terminal A Kampung Rambutan, Minggu (17/4), untuk melihat kelaikan tranportasi yang akan digunakan pada masa Mudik Lebaran 2022.

Di sana, ia melakukan video conference dengan para pengelola Terminal Tipe A yang ada di seluruh wilayah Indonesia dan para operator/perusahaan oto bus. Budi Karya Sumadi menekankan, selain aspek kesehatan, aspek keselamatan harus menjadi perhatian utama.

“Saya minta armada bus sudah dilakukan ramp check dan pengemudinya juga sudah diperiksa kesehatannya. Keduanya mesti sehat,” jelas Menhub.

Seperti diketahui, berdasarkan hasil survey Balitbanghub, sektor darat menjadi yang paling krusial untuk ditangani. Dari total prediksi 85,5 juta orang yang akan melakukan perjalanan di masa mudik, 47 persen di antaranya akan menggunakan jalur darat, baik kendaraan pribadi (mobil dan sepeda motor) maupun bus.

Diperkirakan, pemudik yang berangkat dari Jabodetabek sekitar 14,3 juta orang dan jumlah pemudik meningkat sekitar 45 persen dibandingkan tahun 2019, sebelum pandemi.

Menhub pun berharap, dengan kordinasi intensif dan bertanggung jawab, jajarannya bisa mempersiapkan mudik tahun ini dengan baik. Ia pun menghimbau kepada masyarakat melakukan perjalanan lebih awal, guna menghindari kepadatan di hari mudik.

“Lakukanlah perjalanan lebih awal, sekitar tangal 25-27 April 2022 dan menghindari berangkat di tanggal 28-29 April 2022 yang diprediksi menjadi puncak mudik. Ini dilakukan agar pergerakan lebih tersebar dan mengurangi kepadatan di satu hari tertentu,” ungkap Menhub.

Ia juga tidak menyarankan agar tidak melakukan perjalanan mudik menggunakan sepeda motor tetapi memanfaatkan program mudik gratis yang diselenggarakan pemerintah, BUMN maupun swasta.

 

Bagikan

 
 

Berita Terbaru

 

Berita Terkait