Mitsubishi Ungkapkan Penerus E-Canter Yang Sudah Diuji Coba

22 March 2022
Benny Averdi
 
Generasi berikut eCanter, akan memiliki jarak tempuh lebih jauh dan fitur keselamatan yang ditingkatkan.
 

Tahun 2017 Light Duty Truck listrik eCanter pertama diluncurkan di Jepang, kemudian Mitsubishi Fuso Truck and Bus Corporation (MFTBC) memperkenalkan versi lebih canggih untuk pasar Jepang pada tahun 2020.

Kini, perusahaan tersebut melanjutkan tahap pengembangan dan pengujian generasi selanjutnya dari Truk eCanter.

Model produksi massal ini akan hadir dengan peningkatan dalam jarak tempuh dan fitur keselamatan, serta akan ditawarkan dengan jajaran varian yang dapat memenuhi beragam kebutuhan transportasi.

Truk tersebut telah diuji dalam kondisi parah, baik di iklim panas maupun dingin, baik di dalam negeri maupun di luar negeri. Tes jalan yang melampaui jarak total lebih dari 1 juta km dilakukan sebelum peluncuran resmi.

Sejak diluncurkan pertama kali pada tahun 2017, eCanter telah mendukung kebutuhan logistik berbagai perusahaan, seperti industri pakaian jadi, penjualan furnitur, perawatan kesehatan, distribusi surat kabar, serta makanan dan hiburan.

Sejauh ini, lebih dari 350 unit diperkenalkan di Jepang, Eropa, Amerika Serikat, Australia, dan Selandia Baru. Bahkan jika diakumulasi, telah menempuh jarak lebih dari 4,5 juta km di seluruh dunia.

Truk eCanter juga telah berkontribusi pada tujuan keberlanjutan bisnis di seluruh dunia seiring transisi ekonomi di seluruh dunia menuju netralitas CO2.

MFTBC sebelumnya mengumumkan memperkenalkan semua model baru untuk pasar Jepang pada tahun 2039 dan mempercepat peralihannya ke netralitas CO2. Mengikuti komitmen ini, mereka telah meningkatkan investasinya dalam infrastruktur pengembangan EV.
Seperti, sejak tahun 2021 MFTBC telah menginstalasi pengisi daya cepat tegangan tinggi, bengkel Electric Vehicle (EV, kendaraan listrik), serta uji baterai yang digunakan untuk membongkar dan menganalisis baterai lithium-ion di Kitsuregawa Proving Ground.

Bengkel EV yang baru juga dilengkapi dengan alat uji untuk memverifikasi fungsi catu daya eksternal eCanter jika terjadi bencana alam.

Di Kitsuregawa, fasilitas lain juga telah dikembangkan untuk mengevaluasi komponen EV tegangan tinggi dan memverifikasi fungsi mengemudi truk listrik.

“Kami melanjutkan pengembangan kendaraan listrik dan memperluas infrastruktur khusus EV kami,” kata Hironobu Ando, ??Wakil Presiden dan Kepala Teknik Produk.

“Tujuan utama kami adalah mencapai netralitas CO2 di kendaraan komersial kami. Melalui ambisi ini, kami berharap dapat berkontribusi pada keberlanjutan tidak hanya bisnis pelanggan kami, tetapi juga masyarakat secara keseluruhan,” lanjutnya.

 

Bagikan

 
 

Berita Terbaru

 

Berita Terkait