Pos Amerika Siapkan Rp 486,2 Miliar Pada Pembuat Kendaraan Pos

Pos Amerika Siapkan Rp 486,2 Miliar Pada Pembuat Kendaraan Pos
Di era digital, surat-menyurat sudah berganti elektronik. Namun armada pengiriman barang masih tetap diperlukan. Peremajaan angkutan barang pos ini melibatkan enam perusahaan.
 

US Postal Service (USPS), ‘kantor pos dan giro’ versi Amerika, menggalangkan Next Generation Delivery Vehicle (NGDV), yang akan mengganti kendaraan Grumman LLV, van kargo yang beroperasi sejak 1987. Meski LLV tersebut sudah dihentikan produksinya sejak 1994, sebanyak 160 ribu unit masih beroperasi.

Seperti dikutip dari topspeed.com, melalui program NDGV ini, sebanyak enam perusahaan telah ditunjuk USPS untuk membuat kendaraan baru, mereka diberi dana dana USD 37,4 juta untuk membuat 50 unit prototipe.

Perusahaan tersebut adalah :

AM General, yang juga membuat Humvee untuk kendaraan militer Amerika dan Hummer H1 untuk General Motors

Karsan, perusahaan bus asal Turki

Mahindra, perusahaan asal India pembuat pikap, truk dan traktor serta ATV

Oshkosh, perusahaan pembuat kendaraan anti ranjau Mine Resistant Ambush Protected

Utilimaster dan VT Hackney, perusahaan pembuat truk dan boks untuk minuman dan spesialis food truck.

Tiap perusahaan ini diberi waktu setahun untuk mengerjakan proyek ini. Lantas selama enam bulan, USPS akan menguji prototipe-prototipe tersebut dalam berbagai kondisi jalan, di berbagai macam ketinggian serta pusat keramaian perkotaan. Tiap kendaraan akan dievaluasi sebagai kendaraan pengantar barang dan surat.

Meski tak dikabarkan seperti apa masing-masing kendaraan prototipe ini, namun diharapkan pengantar barang yang baru ini akan lebih baik dari sebelumnya.

Terutama soal konsumsi bahan bakar yang semakin ramah lingkungan, dengan penerapan bahan bakar CNG, hingga bahkan berteknologi fuel cell.