Rayakan Ultah Ke-35 Tahun, Pangsa Pasar Hino Meroket di Indonesia

03 March 2017
ZCH1708
 
Di kuartal 4 tahun 2016 pasar mulai membaik seiring meningkatnya harga komoditi. "Kami harapkan akan terus berlanjut di tahun 2017 ini.
 

PT Hino Motors Sales Indonesia merayakan 35 tahun kehadirannya di pasar otomotif Indonesia. Selama lebih dari 3 dekade, pabrikan asal Jepang ini tetap konsisten berbisnis di segmen kendaraan komersial. Pangsa pasarnya pun terus meningkat.

Di segmen medium duty, Hino lewat Hino Ranger yang dilanjutkan suksesornya, New Generation Ranger, sukses menjadi pemimpin pasar truk medium duty di Indonesia selama 17 tahun berturut-turut sejak tahun 2000. 

Di pasar bus nasional, Hino juga tampil menjadi pemimpin pasar dengan penguasaan pangsa pasar 67 persen di pasar bus medium (berkapasitas angkut 50 penumpang lebih). Sementara di segmen truk ringan Hino juga makin berakselerasi pangsa pasarnya. Sampai akhir tahun 2016, pangsa pasar Hino Dutro atau Hino 300 series naik menjadi 22 persen dari posisi sebelumnya sebesar 17 persen di 2015. 

istimewa

Hiroo Kayanoki, Presiden Direktur PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) mengatakan, pasar kendaraan komersial di Indonesia mengalami pasang surut beberapa tahun ini, termasuk di tahun 2016 lalu. Penjualan kendaraan komersial selama 2016 lalu turun 12%. Tahun 2016 tercatat terjual 72.264 unit kendaraan, jumlah ini lebih sedikit dibanding kan tahun 2015 yang mencapai 82.287 untuk total keseluruhan light dan medium duty truck. 

"Penurunan ini terjadi dikarenakan kondisi ekonomi yang belum stabil baik di Indonesia maupun global," kata Hiroo Kayanoki. Namun dalam kondisi pasar yang tertekan, PT. Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) justru meraih hasil menggembirakan.

HMSI membukukan penjualan 22.306 unit kendaraan atau naik 1,2% dibanding tahun lalu yang hanya berhasil melepas 22.014 unit. "Ini menjadi bukti kekuatan dan ketangguhan Hino yang yang sudah hadir selama 35 tahun di Indonesia," ungkapnya di acara media gathering Hino di Jakarta, Kamis (2/3/2017).

Dia menjelaskan, di kuartal 4 tahun 2016 pasar mulai membaik seiring meningkatnya harga komoditi. "Kami harapkan akan terus berlanjut di tahun 2017 ini. Kami optimis dapat meraih hasil yang lebih baik lagi ditahun ini, karena kami memandang situasi sulit itu dapat menjadi sebuah peluang bagi Hino”, ungkap Hiroo Kayanoki.

"Memasuki usia ke-35 tahun di Indonesia, Hino berkomitmen untuk terus membantu masyarakat Indonesia untuk tumbuh dan maju bersama dengan memberikan produk–produk yang terbaik dan juga layanan total support untuk memberikan solusi transportasi yang maksimum dengan minimum biaya operasional," tanda Hiroo Kayanoki.

 

Bagikan

 
 

Berita Terbaru

 

Berita Terkait