Volvo/ Voysys Kembangkan Pengendalian Truk dan Bus Dari Jarak Jauh

20 April 2020
Suryo S
 
Tujuan program ini adalah untuk keselamatan para pengemudi truk dan bus agar lebih terhindar dari faktor kelelahan akibat kurang istirahat.
 

Inovasi selalu hadir untuk meningkatkan keselamatan berkendara, termasuk di antaranya mengendalikan kendaraan dari jarak jauh.

Saat ini sebuah perusahaan telekomunkasi digital asal Swedia, Voysys mengembangkan sistem operasi remote control untuk mengoperasikan truk dan bus dari sebuah ruang kontrol.

Volvo, pabrikan truk yang digandeng oleh Voysys dalam pengembangan dan pengujian sistem kemudi ‘remote control’ ini.

Tujuan pengembangan ini tak lain lantaran mempertimbangkan keselamatan para pengemudi truk dan bus agar lebih terhindar dari faktor kelelahan akibat kurang istirahat. Program ini efektif dan sejalan dengan kebijakan Work From Home (WFH) yang sedang diterapkan oleh banyak negara, termasuk Swedia.

Pengemudi bus ataupun truk cukup berada di sebuah ruangan dengan layar video atau perangkat Virtual reality (VR) yang di dalamnya terdapat remote control. Di dalam ruangan juga disediakan layar yang bisa dililhat pengemudi dengan  jarak pandang seluas 180 derajat.

Perangkat ini bekerja dengan sinyal 4G dan 5G untuk menghubungkan antara operator dengan kendaraan. 

Voysys menawarkan waktu latensi 75 milidetik melalui 4G dan 40 milidetik di jaringan 5G. Latensi ini merupakan waktu yang dibutuhkan dalam pengiriman dan penerimaan data. 

Dengan performa yang ada tersebut, Voysys mengklaim bahwa teknologinya mampu menghindari kemacetan data sehingga tidak ada gangguan dalam proses pengolahan informasi jarak jauh antara kendaraan dengan operator.

 

Bagikan

 
 

Berita Terbaru

 

Berita Terkait