10 Pabrikan Bus Terlaris 2022

07 January 2023
Erie W. Adji
 
Pabrikan Tiongkok makin dominan
 

Bicara soal pabrikan bus di dunia memang sedikit berbeda dibandingkan yang terjadi di Indonesia. Kalau di Tanah Air bicara bikin bus lazimnya  setiap pembeli akan memperoleh sasis terlebih dahulu untuk kemudian dibawa ke pihak karoseri untuk pembuatan bodi serta interior bus.

Sementara itu di banyak negara, seperti Jepang, Australia, atau bahkan Amerika Serikat jika membeli bus maka yang akan dikirimkan sudah dalam bentuk utuh sebuah bus sesuai dengan spesifikasi pesanan. Ya, tidak jadi soal yang signifikan di antara kedua perbedaan tersebut karena memang setiap negara bisa saja punya regulasi industry otmotif yang berbeda.

Namun sebenarnya,gairah untuk membeli bus di dunia di tahun 2022 termasuk panas. Apalagi ada tren juga yang mulai signifikan yaitu pembelian bus tenaga listrik. Yang jelas perputaran uang di dunia bus satu jagad ini sudah tembus miliaran dolar Amerika. Tak heran juga jika banyak pemain bus bisa menjual ribuan unit di tahun lalu.

Berikut daftarnya dari data nationalcoachnetwrok;

10. Scania, pabrikan asal Swedia ini telah menjual 7.777 unit di tahun 2022.

9. Volvo, dengan tiga produk terpopulernya (B8RLEA, Volvo B11R, dan Volvo B7RLE), 9.731 unit laku.

8. Higer Bus, bisa menjual 11.412 unit ke seluruh dunia merupakan catatan bagus buat pabrikan asal Tingkok yang baru berusia 24 tahun ini.

7. MAN, secara resmi berada di bawah kelompok usaha Volkswagen, bisa melepas 13.972 unit ke selruh penjuru dunia.

6. Zhongtong, produk asal Tiongkok ini masih beroperasi di sejumlah rute Transjakarta, dan volume ekspornya di angka 15.054 unit.

5. Marcopolo adalah jawara bus di area Amerika Selatan, sudah ekspor ke 60 negara. Angak lakunya 15.831.

Marcopolo, jawara bus asal Brazil

4. Golden Dragon, di Indonesia jadi andalan sejumlah perusahaan otobus seperti SAN, Bejeu, maupun Menggala. Berpusat di kota Xiamen, sukses ekspor ke 40 negara dengan jumlah unit 19.392.

Golden Dragon, bisa juga diajak suos

3. King Long, spesialis mobil komersial asal Xiamen, Tiongkok, termasuk pabrikan yang sangat agresif. Tak heran kalau bisa jual unit sampai 26.450 unit setahun.

2. Daimler, raksasa bus asal Jerman ini sudah tak asing lagi tampil sebagai salah satu pabrikan paling dipercaya dalam membuat bus. Sukses catatkan penjualan 36.612 unit.

Popularitas bus Mrcedes=Benz sudah didekati pabrikan bus asal Tiongkok

1. Yutong, dominasi pabrikan bus asal Cina nyaris tak bisa ditahan di seluruh dunia. Pabrikan dengan nama lengkap Zhenzhou Yutong ini bisa puncaki penjualan para kamiun bus seluruh dunia dengan angka 58.688 unit.

 

 

Bagikan

 
 

Berita Terbaru

 

Berita Terkait